Desa Membangun Negeri
Jumat, 19 Feb 2021 23:41 WIB

Plt Sekda Metro Pimpin Sosialisasi Saber Pungli

Reporter :  Fredi Kurniawan Sandi - Kota Metro Lampung
Editor :  M Ali Nafiah Noor

METRO, metro7.co.id – Inspektorat Kota Metro, Adakan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) , Untuk membentuk tim saber pungli yang bertujuan memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan dan kepastian hukum, dan mewujudkan Kota Metro sebagai kota bebas dari pungutan liar, yang berlangsung di OR Setda, Senin (28/12/2020).

Adapun dasar hukum kegiatan adalah Perpres no. 87 tahun 2016 tentang satuan tugas saber pungli, dan Instruksi Mentri Dalam Negeri no. 180/3935/Sj tentang pengawasan pungli dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Tugas Pokok dan fungsi saber pungli adalah untuk melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan , satuan kerja dan sarana prasarana baik yang berada di Kementerian/lembaga maupun Pemerintah Daerah. Satgas ini terbuka terhadap pelibatan masukan dari masyarakat langsung, sehingga bukan hanya satgas dan unit saber pungli yang mencari tempat adanya pungli melainkan masyarakat diminta untuk ikut aktif melaporkan. Kemudian Intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi dalam menjalankan tugasnya satgas saber pungli diberikan kewenangan untuk melakukan operasi tangkap tangan.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas