Polda Kalsel Gelar Tradisi Pembersihan Pataka

Reporter : Nurul Hayati - Banjarmasin, Kalimantan Selatan - Dibaca : 14 kali

 

BANJARMASIN, metro7.co.id – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Irjen Pol Niko Afinta memimpin Upacara Pemuliaan Nilai – Nilai Luhur Tribrata dan Pembinaan Tradisi Polri yang digelar di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Rabu (24/6/2020) pukul 15.00 Wita.

Upacara rangkaian Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 tersebut turut dihadiri Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin, Irwasda Polda Kalsel, Pejabat Utama, Anggota Polri dan ASN Polri Polda Kalsel dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh saat memasuki tempat Upacara, menggunakan masker dan sarung tangan, menjaga jarak aman (Physical Distancing) sesuai dengan kebijakan Pemerintah dan Maklumat Kapolri guna mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Baca Juga :  Bank Kalsel Bantu Pembangunan Masjid di Palu dan Donggala melalui BAZNAS Kalsel

Dikatakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Niko Afinta melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’I, Upacara ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh Polri khususnya Polda Kalsel dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara setiap tahunnya.

Menurutnya, Upacara Tradisi Pembersihan Pataka ini memiliki makna memurnikan kembali internalisasi nilai – nilai luhur yang tertuang dalam Tribrata dan rangkaian pembinaan tradisi Polri dalam rangka Hari Bhayangkara.

Baca Juga :  Buah Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan

“Pemaknaan pencucian pataka ini adalah kami para penerus Polri, harus terus berjuang menghargai nilai – nilai luhur para pendahulu kita sehingga Polri dijaman sekarang ini, mampu menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya, dibawah kekuatan dan motivasi lambang-lambang Pataka Surya Karya Mandala Satya,” kata Kabid Humas.

Selain itu, dia menambahkan, agar personel Polri yang ada di Polda Kalsel bisa berada di jalan yang benar dalam memberikan pengabdian yang luhur, mulia dan sejati kepada masyarakat, bangsa dan negara. ***

Share :