oleh

Polisi Bekuk Perampok Spesialis Nasabah Bank, Beraksi di Palangkaraya Ditangkap di Tabalong

TANJUNG – Acung jempol bagi jajaran personel gabungan unit opsnal Satreskrim dan unit opsnal Satintelkam Polres Tabalong serta unit satreskrim Polres Kota Palangkaraya yang sukses membekuk dua orang pelaku perampok spesialis nasabah bank asal Palembang yang beraksi di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah pada pagi Kamis (12/9) disalah satu penginapan di Jalan Pondok Kelurahan Mabu’un Murung Pudak.

Penangkapan dua orang pelaku inisial IW (31) dan inisial A (35) warga warga Kayu Agung Kabupaten Oky Provinsi Sumatra Selatan ini dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Tabalong Iptu Matnur.

Informasi didapat, kedua pelaku sebelumnya melakukan aksinya di Kota Palangkaraya Jalan Kahayan RM Wong Cilik Kecamatan Pandut Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah dengan korban inisial EF(40) yang mengakibatkan kerugian sebesar Rp 500 juta pada siang Senin (09/9/2019).

Kasat Reskrim Iptu Matnur saat diwawancarai membenarkan pada Kamis pagi melakukan penangkapan terhadap dua orang laki-laki warga Palembang di wilayah hukum Polres Tabalong.

Dikatakannya, kedua pelaku usai melancarkan aksi kejahatannya di Kota Palangkaraya kemudian melarikan diri ke Kabupaten Tabalong.

Dari pengakuan kedua pelaku yang memilih Kabupaten Tabalong sebagai tempat pelarian karena untuk bersembunyi dari pengejaran petugas.

“Hasil introgasi kami dilapangan rencananya mereka berdua juga akan melancarkan aksi kejahatan pencurian terhadap nasabah perbankan di Tabalong,” katanya.

Diakui Matnor, penangkapan IW (31) dan A (35) ini adalah bagian dari kerjasama petugas unit opsnal Polres Kota Palangkaraya yang dibackup Polres Tabalong, sehingga kedua pelaku cepat terungkap.

Kemudian kedua tersangka beserta barang bukti dua unit sepeda motor, uang tunai Rp 5 juta, sepatu dan celana panjang yang digunakan tersangka saat melakukan pencurian serta dua buah ATM dibawa ke Polres Kota Palangkaraya Polda Kalteng guna proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami berharap kepada seluruh masyarakat Tabalong agar meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan transaksi di perbankan. Juga apabila memerlukan pengawalan pihak kepolisian baik untuk keselamatan diri dan barang berharga, maka kami siap memberikan pelayanan,” himbau Iptu Matnur Kasat Reskrim Polres Tabalong. (metro7/reza)