WONOSOBO, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Pilkada Serentak 2024 akan dilangsungkan pada 27 November 2024. Salah satu yang paling dinanti adalah Pemilihan Walikota (Pilwakot) Semarang yang akan memilih calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang periode 2025-2029.

Pendaftaran pasangan calon akan dilakukan pada 27-29 Agustus 2024 dan penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 22 September 2024. Kampanye akan berlangsung dari 25 September hingga 23 November, sementara penghitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara direncanakan mulai 27 November hingga 16 Desember 2024.

Sebelum memasuki masa-masa tersebut, mari kita mengenal empat nama bakal calon Walikota Semarang yang akan berlaga di Pilwakot 2024:

1. *Yoyok Sukawi*

Nama asli Yoyok Sukawi adalah Alamsyah Satyanegara Sukawijaya SE MM. Lahir pada 1 Maret 1978, Yoyok adalah anak kedua dari mantan Walikota Semarang, Sukawi Sutarip. Ia dikenal luas sebagai CEO PSIS Semarang dan anggota Komisi X DPR RI dari fraksi Partai Demokrat untuk periode 2019–2024 dan 2024–2029.

Yoyok telah mengundurkan diri dari jabatannya di DPR RI untuk bertarung di Pilwakot Semarang. Ia telah mengambil formulir pendaftaran di Partai Demokrat dan kemungkinan besar akan berkoalisi dengan PAN, PKB, PKS, PPP, dan NasDem. Dukungan besar datang dari supporter PSIS, Panser Biru dan SNEX, meski tidak semua mendukungnya.

2. *Iswar Aminuddin*

Iswar Aminuddin, lahir pada 15 Maret 1975, adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang. Jabatannya sebagai Sekda membuatnya memiliki jaringan luas di kalangan ASN di Pemkot Semarang. Iswar pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, dimana ia dikenal dengan program-program penataan jalan dan ruang publik.

Meski belum ada partai yang mengusungnya, ia telah mendaftar di PDI Perjuangan, Gerindra, dan PSI. Iswar lebih diminati sebagai bacalon wakil walikota. Hingga saat ini, ia memiliki 11 ribu pengikut di media sosial dan terus merangkul kalangan muda.

3. *Arnaz Agung Andrarasmara*

Arnaz Agung Andrarasmara, atau Mas Arnaz, lahir pada 6 Juni 1975. Ia dikenal melalui tiga organisasi besar di Kota Semarang: Kadin, KONI, dan Baznas. Prestasinya termasuk membawa kontingen Kota Semarang menjuarai Porprov 2023 dan meningkatkan total transaksi Semarang Great Sale (Semargres) hingga Rp300 juta.

Arnaz mengambil formulir bacalon Walikota Semarang hanya dari PDI Perjuangan. Dengan gaya kepemimpinan yang smart, humanis, dan visioner, ia memiliki 13 ribu pengikut di Instagram. Namun, popularitasnya masih kurang di kalangan akar rumput.

4. *Dico Ganinduto*

Dico Ganinduto, lahir pada 9 Februari 1990, adalah Bupati Kendal yang berasal dari partai Golkar. Dico beralih ke Kota Semarang setelah gagal maju dalam Pilgub Jateng bersama Gibran Rakabuming. Ia telah mendapat restu dari ketum Golkar Airlangga Hartarto untuk maju di Pilwakot Semarang dan kemungkinan berkoalisi dengan PSI.

Pernyataan Dico yang menyebut Kota Semarang tertinggal sempat membuat gempar dan mempengaruhi pandangan warga terhadapnya. Meski begitu, ia terus melanjutkan rencananya untuk berlaga di Pilwakot Semarang.

Itulah empat nama bakal calon Walikota Semarang periode 2024-2029 yang kuat diduga akan maju dan mendapat rekomendasi dari partai pengusung. Siapakah pilihan Anda?. ***