oleh

Produk Amplang Khas Kotabaru Mejeng di Pameran Stand Harganas

KOTABARU – Pameran dan gelar dagang dalam rangkaian hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI di Banjarmasin, kalsel hari ini Kamis (4/7) dibuka oleh Gubernur Sahbirin Noor.

Acara bertempat di area perkantoran Pemprov Kalsel ini, turut dihadiri ketua penggerak PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dan Ketua PKK Provinsi Raudatul Jannah.

Sebanyak 170 stand pameran dari kelompok-kelompok UPPKS, UP2K-PKK, kementerian/ lembaga, BKKBN, Dekranas dan Dekreanasda, BUMN-BUMD, Perbankan, dan Usaha Kecil Menengah (UKM), menampilkan berbagai produk-produk unggulan seperti pakaian, kuliner serta cendera mata yang berasal dari daerah masing-masing.

Untuk Provinsi Kalimantan Selatan, melibatkan seluruh UMKM yang ada di Kabupaten dan Kota.

Dalam pameran dan gelar dagang kali ini bukan hanya di isi oleh stand produk makanan dan minuman saja, namun juga aneka fashion hingga kerajinan tangan berkualitas yang ada di Indonesia.

Ketua PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pameran dan gelar dagang ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan berbagai program pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Melalui pameran ini, dapat dipertemukannya dua unsur manajemen, yakni manajemen pembangunan dan manajemen pemerintahan, karena pada hakekatnya pembangunan keluarga merupakan komponen utama dalam manajemen pembangunan nasional, sekaligus merupakan kunci terhadap manajemen pemerintahan, jadi pameran dan gelar dagang ini mencerminkan adanya koordinasi diantara keduanya,” katanya.

Tentunya kegiatan ini kata Erni, akan memberikan semangat dan peluang besar kepada kelompok-kelompok usaha ekonomi mikro untuk pasarkan produknya.

Diharapkannya pula terjalin komunikasi terbangun komunitas dan jaringan pemasaran hasil produksi masing-masing, serta mempromosikan produk unggulannya, sehingga dapat menjadi ajang untuk pembelajaran.

Sementara ketua PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana Sayed Jafar mengatakan sangat mengapresiasi dengan adanya event pameran dan gelar dagang pada hari ini.

Sebagai perwakilan, PKK Kotabaru ikut serta menampilkan berbagai macam produk makanan UKM berciri khas Kotabaru, seperti amplang, kerupuk udang, sasirangan dan batik.

“Semoga saja apa yang kita tampilkan menjadi perhatian bagi seluruh pengunjung yang datang baik dari wilayah Kalimantan Selatan, maupun luar Kalimantan. Tujuan utamanya adalah lebih memperkenalkan lagi produk kita diluar daerah,” terang Fatma.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian bantuan untuk kelompok UPPKS, penghargaan kepada pemenang lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kes, pelaksana terbaik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), lingkungan bersih sehat (LBS), posyandu untuk pakarti utama II, II dan pakarti madya I, II, III kategori kabupaten dan kota. Acara di gelar dari tanggal 4-6 juli 2019. (metro7/syn/rel).