Desa Membangun Negeri
Selasa, 26 Jan 2021 19:25 WIB

Pungli PTSL, Kejari Kendal Eksekusi Perangkat Desa Sidomukti Weleri

Reporter :  Saerozim - Kab. Kendal, Jawa Tengah
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KENDAL, metro7.co.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal melakukan ekseksusi terhadap MAR. Perangkat desa Sidomukti, Kecamatan Weleri.

MAR terbukti bersalah melakukan korupsi dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) gratis oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

MAR selaku bendahara kelompok masyarakat (pokmas) sebelumnnya dinyatakan tidak terbukti alias bebas oleh Pengadilan Negeri Tipikor Semarang. Atas putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Dalam putusan kasasi, majelis hakim MA bernomor 2963K/PID.SUS/2020 pada 8 desember 2020 lalu ia terbukti melakukan pungutan liar (Pungli). Hal itu dilakukan dengan cara menarik biaya tambahan kepada penerima PTSL di Desa Sidomukti.

“Melakukan Pungli, artinya menarik iuran di luar ketentuan yang ada. Mengambil keuntungan pribadi atau memperkaya diri sendiri atas hasil iuran tersebut,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kendal, Dani K Daulay, Senin, 26/1/2021.

Dalam putusan kasasi, majelis hakim MA mengabulkan permohonan kasasi JPU Kejari Kendal. MA juga membatalkan putusan Pengadilan Tipikor Semarang. “MAR dipidana satu tahun penjara, denda Rp 50 juta atau tiga bulan kurungan jika tidak dibayarkan. Ia juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesat Rp 2,5 juta UP untuk di setor ke kas negara,” jelasnya.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas