Desa Membangun Negeri

Home / Barabai (HST) / Kalimantan Selatan (Kalsel)

Senin, 13 Februari 2012 - 05:45 WIB

Puskesmas Rawat Inap Akan Dibangun di Birayang

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 14 kali

Pemerintah Kecamatan Batang Alai Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan tahun 2013, untuk merumuskan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan, Selasa (7/2) pukul 10.00 Wita.

Camat Batang Alai Selatan Syahbidin mengungkapkan, prioritas pembangunan Kecamatan Batang Alai Selatan antara lain adalah pembangunan Puskesmas rawat inap, sehingga memudahkan warga untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan.
“Untuk lokasi Puskesmas rawat, memungkinkan dibangun di lokasi rumah dinas Camat, sebab masih ada lokasi untuk rumah dinas di Telaga Sari yang  sampai saat ini belum dimanfaatkan dan diharapkan agar Dinas Kesehatan dapat merespon usulan ini untuk jadi prioritas dan direaliasikan pada ABT 2012,” katanya.
 Usulan pembangunan Puskemas rawat inap juga mendapat dukungan dari Anggota DPRD HST H Ruspannor dari Dapil IV HST, yang mengaku juga telah menyampaikan agar usulan ini segera ditindak lanjuti  dan perlu dimatangkan perencanaannya, menyangkut lokasi atau penyedian lahan.
Menurutnya, keberadaan Puskemas rawat inap sangat penting untuk memberikan pelayanan kesehatan secara optimal bagi warga, meningkatkan fasilitas kesehatan dan juga tentu meningkatkan pendapatan daerah.
Kepala Bapppeda H Hasbi melalui Kabid Ekonomi Bappeda HST Pardianor  dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang penting untuk membuat perencanaan satu tahun pembangunan yang berakar dari kepentingan masyarakat dan skala prioritas, agar pembangunan terlaksana dinamis dan teradministrasi secara baik.
Diterangkannya, penyusunan perencanaan mesti terukur dan dapat mengambil sumber pendanaan, baik dari swadaya masyarakat, dari Dana Alokasi Desa serta usul perencanaan yang membutuhkan pendanaan besar, dapat diusulkan dari APBD II dan I.
“Begitu pun untuk skala prioritas perencanaan pembangunan, dapat dipilah, mana yang akan diusulkan di Musrenbang atau melalui  PNPM PISEW di Kecamatan Batang Alai Selatan telah mendapatkan kucuran dana Rp 2,1MIlyar dari PNPM PISEW, serta akan terus berlanjut hingga tahun 2014,” katanya.
Adapun beberapa program yang diusulkan dalam Musrenbang, antara lain Pembangunan Jalan Usaha Tani, Peningkatan Infrastruktur dan Penunjang Pendidikan, Sanitasi, Peningkatan Sarana Transportasi, Peningkatan Kualitas SDM, Pengembangan Karet Unggul, Pengembangan Pasar, Pembinaan Olahraga dan Kepemudaan serta Pengembangan Obyek Wisata Lokal, Liang Palu.
Turut hadir Kepala Dinas Pasar, Perdagangan, Koperasi dan UMKM  M Yusuf, Kabid P2PL Dinas Kesehatan HST dr Junianto, Perwakilan Pimpinan SKPD terkait, para Pembakal dan Sekdes se Kecamatan Batang Alai Selatan, serta undangan  lainnya. advhst

Share :