Home / Covid-19 / Batu Licin (Tanah Bumbu)

Senin, 6 Juli 2020 - 18:13 WIB

Rabu ini Layanan Kependudukan Secara Tatap Muka Dibuka, Konsep New Normal

Reporter : M Khairil Ansyari - Kab.Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan - Dibaca : 771 kali

 

BATULICIN, metro7.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Bumbu mulai hari Rabu (08/7) ini akan kembali membuka layanan tatap muka dengan menerapkan konsep new normal.

“Nanti kita buka hari rabu tanggal delapan ini, jadi masyarakat sudah bisa datang ke kantor untuk mengurus administrasi kependudukan (adminduk)” ujar Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu, Eka Saprudin kepada metro7.co.id, Senin, (06/7/2020)

Konsep new normal yang diterapkan yakni adanya plastik pembatas antara petugas dan masyarakat yang datang. Kemudian, setiap masyarakat yang datang harus menggunakan masker, serta disediakan handsanitizer.

“Kemudian, kita wajibkan mereka cuci tangan dengan sabun di tempat yang sudah kita sediakan, handsanitizer juga kita sediakan serta ruangan pelayanan pun sudah kita atur jarak tempat duduk bagi masyarakat yang datang dan dibatasi beberapa orang saja yang bisa masuk keruangan, sisanya menunggu diluar sesuai antrian” ujar Eka Saprudin

Disdukcapil membuka layanan tatap muka dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19, pelayanan sesuai dengan protokol kesehatan, karena sebelumnya untuk pelayanan hanya secara online yaitu melewati Whatsapp.

“Untuk layanan Online lewat Whatsapp nanti sudah ditiadakan, tinggal menyelesaikan berkas yang terlanjur masuk, mohon agar mengurus dokumen kependudukan jangan mendadak saat diperlukan, tetapi jauh hari sebelumnya. Untuk mengantisipasi jika dokumen tersebut tertunda karena kekurangan berkas pendukung” tambahnya.

Ditanya tentang ketersediaan blanko adminduk, Eka Saprudin menjelaskan bahwa untuk ketersediaan blanko masih memadai dan mencukupi, serta prosedur pengambilan blanko tersebut sekarang lebih mudah dan tidak rumit, dulunya pengambilan blanko harus ke Jakarta sekarang cukup di Banjarmasin.

“Blanko masih tersedia, untuk penyediaan blanko sekarang lebih mudah, kami cukup mengambil ke Banjarmasin, tidak perlu langsung ke Jakarta seperti sebelumnya,” ungkapnya.

Eka Saprudin menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan saat mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil Tanah Bumbu.

“Kalau datang ke kantor, pakai masker. Itu sebagai bentuk kewaspadaan dan antisipasi penyebaran Covid-19,” pungkasnya. ***

Share :