Desa Membangun Negeri
Jumat, 26 Mar 2021 20:29 WIB

Rangkaian Hari Jadi Kota Sanggau, Ritual Adat Balek Angin di Desa Lintang Kapuas Dihadiri Wabup Sanggau

Reporter :  Marwandi - Korwil Kalimantan Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

SANGGAU, metro7.co.id – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, mengikuti ritual adat “Balek Angin” di Desa Lintang Kapuas, Kecamatan Kapuas. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-405 Kota Sanggau, dengan tema yang diusung “Aku dompumu, kamu dompuku, kita orang Sanggau satu cita maju bersama”, kegiatan dilaksanakan di Tembawang Balek Angin, Desa Lintang Kapuas, Kamis (25/3/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan masyarakat Desa Lintang Kapuas.

Usai mengikuti ritual adat balek angin, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan terkait dengan peringatan hari jadi ke-405 Kota Sanggau kita melakukan kilas balik kepada para leluhur kita.

“Terutama kepada mereka-mereka yang kita anggap berjasa dalam bagaimana perkembangan Sanggau sejak awal mereka lakukan dengan situasi yang memang mereka alami saat itu. Juga demikian kita lakukan ritual adat balek angin hari ini tentu sebagai kilas balik dan ini sangat spesial karena istri dari seorang raja Sanggau ini adalah seorang gadis dari keturunan Dayak. Tadi juga kita sudah dengar seperti apa seorang raja untuk mendapatkan seorang permaisuri dari seorang gadis keturunan Dayak,” kata Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas