oleh

Rapat Bersama, DPRD Tabalong Minta Tenaga Kesehatan Ramah Saat Layani Masyarakat

TANJUNG – Menyambut tahun 2020 pemerintah daerah dan DPRD Tabalong bekerja keras mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik di banua, Senin (13/1/2020).

Dalam rapat kerja Komisi Idengan Dinas Kesehatan di ruang rapat Graha Sakata turut juga menghadirkan ujung tombak pelayanan kesehatan disasaran masyarakat yaitu Pelaksana Tugas Poskesmas se Kabupaten Tabalong.

dalam laporanya Kepala Dinas Kesehatan H Taufikqurahman mengatakan 2020 pelayanan kesehatan di Bumi Sarabakwa harus lebih baik dengan meningkatkan dan menambah sarana prasarana pelayan.

“Kita serius meningkatkan pelayanan di poskes-poskes dan rumah sakit, juga terus memacu indikator kesehatan di agar meningkat serta meminimalisir kematian ibu dan anak, ditambah pemberantasan stanting dan lain lain,” katanya.

Bukti peningkatan pelaynan pada masyarakat dimaksud juga dengan menambah satu sarana rumah sakit tipe D dikawasan Kecamatan Kelua dan menjdikan rumah sakit lama sebagai rumah sakit pendukung, hingga harapkan pelayanan untuk warga makin membaik serta juga menjadi wadah berobat warga kabupaten tetangga seperti Balangan Tamiang dan Muara Komam.

Anggota Komisi I Zainal Ilmi Mahrudi menekankan keramahan dan sopan santun para petugas dalam melayani masyarakat, karna selama ini alasan warga banyak berobat daerah lain karna sambutan dan pelayanan porkes dan rumah sakit yang dirasa kurang baik dan dewan juga meminta proses rujukan pada pasien agar benar benar sesuai prosedur.

Zainal ilmi mahrudi juga memberikan penilain pada Poskesmas Kelua dan Poskesms Tanjung yang dinilai sudah baik dalam pelayanan, termasuk kesiapan sarana medis yng memadai di dua poskes tersebut.

“Ya saya sendiri melihat langsung pelayanan di Poskes Tanjung misalnya terpantau baik pasien yang diperlakukan dengan sopan dan serius hingga warga benar-benar merasa terlayani. Ini harus di contoh oleh yang lain agar masyarakat senang berobat di daerah kita sendiri,” katanya lagi.

Beberapa poskes pada kesempatan yang sama juga menyampaikan beberapa keluhan kurangnya armada ambulan di poskes piskes hingga ketika unit terpakai maka ketika ada pasien lain yang juga membutuhkan poskes kelabakan menyesuaikan dengan sarana yang ada. (metro7/rz)