oleh

Ratusan Warga Binaan Rutan Tamiyang Gelar Shalat Istisqo

TAMIANG LAYANG – Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Negara Klas IIB Tamiang Layang kabupaten Barito Timur (Bartim) berkumpul di halaman Rutan setempat untuk melakukan Sholat Istisqo atau Sholat meminta hujan, Jum’at 20 September 2019 pagi.

Selain dari WBP dan petugas Rutan, Sholat tersebut juga diikuti oleh pihak TNI dan perwira Polres Bartim.

Wahyudi selaku Kepala Rutan (Karutan) mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan, petugas Rutan, TNI dan Polisi karena melihat situasi dan kondisi yang terjadi saat ini kemarau panjang dan akibatnya daerah diselimuti kabut asap karena ada beberapa lahan atau hutan yang terbakar.

“Kita sudah gelar sholat istisqo atau sholat untuk meminta hujan kepada Allah SWT sebagai bentuk usaha terhadap situasi kemarau yang berkepanjangan,” ujarnya.

Dirinya merasakan kalau musim kemarau tahun ini, maka ketersediaan air di Rutan juga jadi terbatas, dan cuaca panas menyengat.

Selain itu, juga melihat kondisi diluar banyak yang terkena dampak selain kesulitan air, ada juga yang lahan terbakar atau kebakaran.

“Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, ketetapan kita serahkan kepada Allah SWT, bagi kami ini bukan sekedar upaya namun lebih kepada mendekatkan diri kepada Allah SWT,” pungkas Kepala Rutan yang dikenal tegas ini. (metro7/budi).