Rencanakan Satu Milyar Satu Desa, Untuk Percepatan Pembangunan Desa

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 11 kali

Francisco, M.B.M. Dias
Camat Raren Batuah,
TAMIANG LAYANG- Desa adalah bagian ujung tombak bagi pemerintah, maka dari itu kemajuan dan kemandirian suatu desa menjadi tanggung jawab pemerintah, dan saat ini. Pemerintah pusat pun telah merencanakan untuk pengelolaan satu Milyar satu desa agar kemajuan dan peningkatan pembangunan suatu desa bisa lebih berkembang dan sejalan dengan perkembangan kemajuan zaman.
Hal ini diungkapkan Camat Raren Batuah Kabupaten Bartim, Francisco ketika ditemui Metro7 dikediamannya belum lama ini mengatakan, memang saat ini pemerintah pusat telah merencanakan pengelolaan 1 Milyar 1 Desa dan saat ini masih tahap pensosialisasian terhadapa peruntukan hal tersebut.
“Memang masih tahap perencanaan tetapi kalau hal ini terlaksana, tidak menutup kemungkinan tahun 2015 mendatang akan berjalan sesuai dengan rencana dan harapan pemerintah, maka dari itu lah desa harus menyiapkan diri dengan mengikuti pelatihan admistrasi keuangan dan mempertanggung jawaban keuangan sesuai dengan peruntukannya, agar pengelolaaan keuangan bisa tertata dan terarah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah, tentang pengelolaan keuangan negara,”Jelas Dias.
Dias juga menambahkan, saat ini bendahara dan aparat desa yang ada di wilayah Kecamatan Raren Batuah, belum lama tadi telah mengikuti pelatihan tentang pengelolaan keuangan dan pertanggung jawaban keuangan  di Palangka Raya, tujuan dari pelatihan tersebut agar bendahara dan aparat desa bisa dan mengerti tentang tata cara dalam mempertanggung jawabkan keuangan sesuai dengan rencana yang dilakukan oleh desa masing-masing, ungkapnya.
Masih kata Dias, memang pemerintah pusat telah memprogram rencana pengelolaan 1 Milyar 1 Desa, dan program tersebut pun bertujuan untuk percepatan pembangunan desa, dan dana tersebut murni dianggarkan dari pemerintah pusat melalui anggaran APBN pusat, sedangkan untuk penggunaannya dan peruntukan dana tersebut. “Kami masih belum mengetahui apakah masih sama dengan pengelolaan ADD atau berbeda,” ucap Dias.          
Dia juga berharap dengan adanya rencana dari pemerintah pusat, dalam meningkatkan percepatan pembangunan desa, karena kemajuan suatu daerah itu adalah terlihat dari tingkat kemajuan dan perkembangan di suatu desa, oleh sebab itu desa merupakan bagian ujung tombang dari pemerintah dalam hal pencapaian kemajuan pembangunan suatu daerah. (Ali/Rul/Metro7)

Share :