oleh

SDIT Al-Khair Wakili HST di LSS Tingkat Provinsi

BARABAI- Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Khair berkesempatan mewakili sekolah-sekolah dasar lain di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan.
Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Sekolah SDIT Al-Khair Henny Fitriyani saat kegiatan kampanye cuci tangan pakai sabun, disekolahnya. Selasa (20/10).
Dijelaskannya, LSS sangat penting untuk merangsang dan memotivasi siswa-siswi sekaligus membangun karakter bangsa untuk menjaga kesehatan di lingkungan sekolah.
“Generasi yang cerdas kan berawal dari generasi yang sehat, untuk itu mari kita budayakan hidup bersih dan sehat dilingkungan sekolah,” katanya.
Pada awal oktober kemarin, tim penilai dari provinsi Kalsel melakukan penilaian kesekolah kami. Adapun hal-hal yang dinilai dalam lomba sekolah sehat tersebut diantaranya penilaian terhadap tim pembina UKS kabupaten yaitu dari puskesmas Awang Besar, penilaian terhadap sekolah dengan aspek kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS.
“Juga dilakukan penilaian terhadap perilaku kesehatan anak didik diantaranya pengetahuan tentang UKS dan perilaku hidup bersih dan sehat serta penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan,”
Sementara itu, Kabid Sosial Ekonomi Yayasan Al Futuwwah Barabai, dr Desfi Delfiana Fahmi, menuturkan pihaknya juga selalu memberikan masukan-masukan dibidang kesehatan. Misalkan pemberian makanan untuk siswa, gizinya harus terpenuhi. Bagaimana pengelolaan sampah yang baik, dan lainnya.
“kami juga bekerjasama dengan puskesmas Awang Besar untuk terus memberikan pembinaan ke sekolah tersebut dengan melibatkan instansi terkait lainnya seperti BPLH, TP PKK, Dinkes HST dan lainnya,” kata dokter yang bertugas di IGD Damanhuri Barabai.
Sebagai bagian dari yayasan Al-Futuwwah Barabai, kami mendukung sepenuhnya kegiatan lomba sekolah sehat tahun 2015 ini dan mengajak semua pihak untuk mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat. “Kami berharap SD IT Alkhair dapat menjadi contoh dan memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah di HST untuk menjadi sekolah yang sehat dan peduli terhadap lingkungan,” harapnya. AdvHumHST