oleh

Selain Pantai, Teluk Tamiang Punya Produk Khas Olahan yang Membanggakan

-Kotabaru-260 views

KOTABARU – Berada di dekat laut menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kotabaru.

Selain dianugerahi pantai pasir putih yang menawan, hasil laut yang melimpah dimanfaatkan warga setempat mendatangkan pundi – pundi uang.

Hasil laut seperti ikan ada yang dijual langsung dan ada pula yang mereka jadikan olahan makanan khas.

Kepala Desa Teluk Tamiang Borahim menyebut produk ikan hasil tangkapan nelayan dijadikan olahan diantaranya ada kerupuk ikan parang-parang, kerupuk ikan tenggiri, ada juga berbahan rumput laut yaitu kerupuk campur rumput laut, dodol rumput laut, dan sirup atau limus rumput laut.

Selain itu ada olahan dari hasil kebun seperti keripik pisang, dodol kelapa, manisan kulit jeruk, dan kue kering.

“Yang paling diminati sekarang adalah kerupuk ikan parang – parang,” jelas Borahim kepada metro7 melalui pesan WA, Jumat (8/11).

Menurutnya awal mula ide ini kreatifitas ibu-ibu rumah tangga dengan memberdayakan janda-janda berekonomi lemah untuk memberikan lapangan pekerjaan.

“Sekarang sudah ada 10 kepala keluarga (KK) yang menggeluti olahan tersebut ini,” ujar Borahim.

Borahim menjelaskan, olahan ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak lama, namun sekitar tahun 2015 produksinya mulai digeluti warga dan pemasarannya mulai keluar daerah sejalan dengan pengembangan wisata bahari yang ada di Teluk Tamiang.

“Saat ini sudah dipasarkan disebagian daerah di Kalsel, Kalteng, Kaltim bahkan sudah sampai ke Pulau Jawa, wisatawan yang datang awalnya nyoba kemudian mereka suka dan minta dikirim ke daerahnya,” katanya

Ia terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan produk yang digeluti, sambil memberikan pelatihan dengan mengundang nara sumber yang kompeten dibidangnya, serta mencoba memberdayakan BUMDES untuk bekerjasama dengan UKM yang ada.

“Harapan kami kiranya ini terus dipromosikan lagi keluar daerah dan diberikan suntikan dana modal usaha, pelatihan dan sistem marketing yang go nasional,” tandasnya. (metro7/syn).