Desa Membangun Negeri
Rabu, 16 Sep 2020 01:18 WIB

Sempat Dilirik Jakarta, Kini Kampung Iklim Desa Gunung Ulin Diikutkan Penilaian Nasional

Reporter :  Ahmad Rajulani Husayin - Kotabaru Kalimantan Selatan
Editor :  Koran Metro7

 

KOTABARU, metro7.co.id – Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara, satu diantara dua desa di Kabupaten Kotabaru yang masuk dalam tim penilaian Program Kampun Iklim (Proklim) provinsi untuk diikutkan di tingkat nasional.

Menurut Kades Gunung Ulin, Badriansyah keasrian alam yang dimiliki Desa Gunung Ulin, salah satu poin penting desanya masuk kategori kampung iklim.

“Desa kami ini mungkin dilihat tim penilaian keaslian hutannya yang masih hijau, terus itu sumber daya airnya masih baik,” kata Badriansyah ditemui awak media di kantor Desa Gunung Ulin, Selasa (15/9/20).

Disamping itu katanya potensi kelembagaannya seperti Bumdes, UMKM, Bank Sampah sampai saat ini masih berjalan, serta juga terdapat pertanian dan perkebunan.

“Itu semua mungkin yang memicu kami bisa tampil di tingkat provinsi. Kedepan kami mempersiapkan itu semua untuk di tingkat nasional,” kata dia.

Dengan adanya kampung iklim, ia sangat berharap ini menjadi ajang promosi desanya secara nasional.

“Kalau desa kami sudah dikenal tingkat nasional, pihak pemerintah pusat serta perusahaan melirik dengan kami untuk berinvestasi untuk membantu desa kami,” tuturnya. ***

Halaman: 1 2