Desa Membangun Negeri
Rabu, 26 Agu 2020 20:08 WIB

Seorang Kawil Desa Mengkuru Berhasil Membuat Pupuk Multiguna, Ternak Sapi jadi Menguntungkan

Reporter :  Sulfi - Kab.Lombok Timur, NTB

LOMBOK TIMUR, metro7.co.id – Pupuk multiguna ini adalah hasil olahan dari bahan – bahan yang mudah ditemukan, tetapi bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan sebuah produk yang  multiguna bisa digunakan untuk tanaman dan hewan. Seperti yang diciptakan oleh Ali Imran yang juga seorang kepala wilayah (Kawil) di Desa Mengkuru Kecamatan Sakra Barat, tepatnya di Kewilayahan Rejeng Nyungkar.

Ditemui di rumahnya, Ali Imran yang bersahaja ini menuturkan bahwa awalnya membuat pupuk cair baik priobiotik dan starter, yang keduanya adalah pupuk non kimia ini sebenarnya. Ketika mencoba berekapresi dengan bahan alami yang melaui proses permentasi, maka jadilah priobiotik dan starter. Kedua pupuk ini bentuknya cair dan itu dicoba pada tanaman dan hewan ternak.

“Alhamdulillah berhasil. Kita mencoba karena, awalnya melihat refrensinya di google dan didapat dari seorang profesor. Setelah tahu ilmunya lalu mencoba untuk buat pupuk alami agar tidak tergantung pada pupuk kimia. Setelah jadi dan kita berikan untuk tanaman dan hewan ternak, semuanya hasilnya menjadi bagus dan baik,” katanya kepada Metro 7.co.id, Rabu (26/8).

Halaman: 1 2 3 4

CLOSE