oleh

Serikat Media Siber Indonesia Hadir di Kalsel

BANJARMASIN – Terbentuknya SMSI di Kalimantan Selatan berawal gagasan dari Fathurrahman (mantan Ketua PWI Kalsel / Pimred dutatv.com) dan Zainal Ilmi yang juga Ketua PWI sekarang, yakni berencana membentuk Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Informasi didapat, hal itu menyusul telah terbentuknya SMSI pusat sehingga di Kalsel dipandang perlu untuk itu, sudah ada cabang di 26 provinsi di Indonesia.

Sebelumnya 20 media siber atau online Kalsel diundang dalam rapat tanggal 12 Maret 2019 di Gedung PWI Kalsel Jalan P. Hidayatullah Banua Anyar Banjarmasin.

Dari pertemuan pertama, terbentuklah pengurus prematur terdiri, Ketua Milhan Rusli (apahabar.com), Wakil Ketua Ady Wiryawan (SuaraBorneo.com), Sekretaris SA, Lingga (kalselpos.com), dan Bendahara Ulul Maskuriah (antaranews.com). Selanjutnya pengurus resmi akan dilantik langsung dari Ketum SMSI Pusat pada 3 Agustus 2019.

Ketua PWI Kalsel Zainal Hilmie bersama Fathurrahman, menggagaskan keberadaan media siber atau online khususnya Kalsel belum memiliki organisasi.

“Sebagai bentuk keprihatinan kita mungkin didata jumlah media siber di Kalsel mencapai ratusan sehingga nantinya dapat dirangkul dalam wadah organisasi ini,” ujar Zainal Ilmi Ketua PWI Kalsel.

SMSI dibentuk bertujuan karena Dewan Pers media harus memenuhi syarat-syarat seperti perusahaan harus berbentuk PT, redaksi dan redaksi dan wartawannya juga sebaiknya mengikuti program UKW apakah muda, madya serta utama walaupun secara bertahap.

Kemudian, lanjut Zainal Hilmie, organisasi ini memudahkan berdiskusi dan berkoordinasi misalnya ada wartawan terkait masalah hukum dapat dikawal bersama-sama.

Seperti diketahui, susunan pengurus SMSI pusat, Dewan Penasehat Ketua Chairul Tanjung (GroupTrans /detik.com).

Sekretaris Mirza Zulhadi dengan anggota Dahlan Iskan, Alwi Hamu (FIN), Prita Kemal Gani (Sekolah London Public Relations), Rizal Ramli (Ekonom), Teguh Sentosa (RMOL.com).

Dewan Pengurus Harian Ketua Umum Auri Jaya (JPNN.com), Ketua Bidang Organisasi Dan Daerah Cahyonoadi (Wartahotnews.com).

Ketua Bidang Pendataan Verifikasi Bernadus W Lumi (Cahayasiang.com), Ketua Bidang Luar Negeri Abdul Aziz (detik.com).

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dan Kerjasama Rasyid Muhammad (pusaran.com).

Ketua Bidang Pendidikan Pelatihan Dan Riset Syafriadi Rahim (Berazam.com).

Ketua Bidang Hukum Dan Abitrase Tarmilin Usman (Kba.one) serta Sekjen dipegang Firdaus (Teras Group). (metro7/ad)