oleh

Sikapi Corona, Bupati Keluarkan Surat Edaran Tunda Perjalan ke Daerah Terjangkit

-Kotabaru-690 views

KOTABARU – Seiring merebaknya virus corona di beberapa daerah di Indonesia, tak ingin kecolongan, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al Idrus pun akhirnya mengeluarkan surat edaran terkait virus corona atau Covid -19.

Ia menghimbau agar menjaga area kerja dan fasilitas bersama tetap bersih dan higienis dengan membersihkan permukaan meja, telepon, keyboard, tombol lift dan alat – alat perkantoran lainnya dengan disinfektan secara berkala.

Menyediakan akses sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun atau hand sanitizer di tempat-tempat umum area kerja seperti pintu masuk, ruang rapat, lift, toilet dan lain – lain terutama di area pelayanan publik.

Kemudian menyediakan tisu dan masker bagi pegawai dan tamu / pelanggan/ pengunjung yang memiliki gejala batuk / pilek dan demam. Memasang pesan – pesan kesehatan di tempat-tempat strategis.

Seterusnya Sayed menghimbau untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat antara lain mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin, batasi menyentuh wajah (hidung, mata dan mulut) sebelum mencuci tangan, terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam,

Gunakan masker jika batuk dan flu, tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air yang cukup dan aktifitas fisik minimal 30 menit per hari. Jaga jarak dengan rekan kerja yang sedang demam/ batuk / bersin.

“Menghindari atau menunda perjalanan ke negara/daerah yang telah terjangkit Covid-19. Apabila terdapat warga yang mengalami demam diatas 38* C, pilek /batuk / nyeri tenggorokan/ sesak nafas, agar segera menghubungi petugas kesehatan terdekat,” tulis Sayed dalam surat edarannya. Kamis (19/3).

Selanjutnya ia juga menghimbau untuk memperbanyak dan menyebarluaskan informasi pencegahan penyebaran Covid-19 di saluran/ media komunikasi internal dan meneruskan edaran ini kepada jajarannya.

“Berikan informasi dan edukasi tentang Covid – 19 secara baik dan benar kepada pekerja, pegawai / warga masyarakat,” ujarnya.

Untuk layanan informasi dapat mengubungi call center siaga Covid – 19 : Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel di Nomor 0821 5771 8672 atau 0821 5771 8673 dan Dinas Kesehatan Kotabaru di nomor 0822 5600 0065 atau 0822 5600 009.

“Jangan panik tetap waspada dan selalu berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa,” Sayed mengakhiri. (metro7/syn)