Desa Membangun Negeri

Home / Desa Membangun Negeri / Lampung / Way Kanan

Jumat, 31 Juli 2020 - 17:39 WIB

Silaturahmi Keliling Tradisi Masyarakat Pakuan Ratu Waykanan

Reporter : Magel Hen - Kab.Pesarawan, Lampung - Dibaca : 76 kali

 

WAYKANAN, metro7.co.id – Antusiasme masyarakat Kampung Pakuan Ratu Kabupaten Waykanan merayakan lebaran Idul Adha. Dimana setelah mengikuti shalat Ied di masjid Al barokah, para jamaah melakukan silaturahmi ke tiap rumah warga secara bersama-sama, Jumat (31/07/2020).

Terlihat para warga berjalan beriringan setelah selesai melaksanakan shalat Ied di Masjid Al barokah, mereka mendatangi rumah rumah warga, secara bergantian masuk dan bersalaman, momen kebersamaan yang terlihat sangat baik tentunya harus selalu dipertahankan sebagai suatu kearifan lokal kegiatan seperti ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Baca Juga :
Komunitas Bekasi Gue Rancang Kopdar dan Baksos di Pantai Muara Bungin

Wartawan yang juga mengikuti kegiatan silaturahmi keliling tersebut merasa terharu bisa merasakan betapa ikatan kekeluargaan itu masih sangat erat dan menjadi hal yang jarang ditemukan di perkotaan saat ini.

“Idul Fitri kemarin kita gak keliling karena lagi ada virus Corona tapi Alhamdulillah Idul Adha ini meskipun masih situasi pandemi tapi sudah boleh saling mengunjungi,” kata Saibun salah satu warga kampung Pakuan Ratu.

Baca Juga :
Silpa Lebih Satu Triliun, Kinerja TAPD Sidoarjo Dinilai Kurang Memuaskan

Tradisi keliling ke tiap rumah ketika lebaran udah ada dari jaman dulu baik lebaran idul Fitri ataupun Idul Adha, ini merupakan kearifan lokal yang harus terus kita pertahankan, soalnya cuma ini cara kita sebagai masyarakat untuk menjalin silaturahmi,” ujarnya. ***

Share :