oleh

Simulasi Padamkan Api dengan Apar

RANTAU – Empat orang karyawan Prima Multi Artha berupaya memadamkan api menggunakan apar, hingga api berhasil dipadamkan dalam waktu 30 detik di drum yang mengepulkan asap hitam.
Kejadian tersebut merupakan simulasi dari cara memadamkan api menggunakan apar atau alat pemadam api ringan, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Tapin, saat memperingati Hari Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di Kabupaten Tapin, Senin pagi kemarin.
Peringatan Hari K3 kemarin, tidak hanya dihadiri oleh PNS di lingkungan Pemkab Tapin saja, tapi perwakilan dari seluruh perusahaan yang berinvestasi di Tapin juga hadir.
Bupati Tapin Drs HM Arifin Arpan MM yang menjadi pembina upacara membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI M Hanif Dhakiri. “Upacara kemarin, menjadi awal dimulainya bulan K3 Nasional tahun 2015 yang diselenggarakan secara serentak di Tanah Air,”ujar bupati.
Dikatakan bupati, salah satu tantangan besar yang dihadapi di sektor ketenagakerjaan saat ini adalah kualitas sumber daya manusia. Untuk itu, dibutuhkan usaha-usaha yang nyata, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mendorong terlaksananya perlindungan K3 yang efektif dan efisien.
“Hal ini juga menjadi upaya untuk pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dalam mendorong produktivitas, yakni melalui penerapan sistem manajemen K3, sesuai dengan amanat UU No.13 tahun 2013,” ujar bupati.
Di tahun 2015 ini kata bupati, menjadi tonggak sejarah menuju terwujudnya pencapaian visi K3 Nasional, Indonesia berbudaya K2. Walaupun kita masih prihatin dengan tingginya angka kecelakaan kerja dan penyakit, dikarenakan belum optimalnya pelaksanaan dan pengawasan K3.
“Dalam jangka panjang, diharapkan masyarakat industri di Indonesia pada khususnya dan masyarakat pada umumnya memiliki kemandirian dalam berbudaya K3,” harap bupati.
Budaya K3 ini merupakan bagian integral dan revolusi mental dalam pembangunan nasional, guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, yang perlu dikembangkan oleh semua pihak secara berkelanjutan.
Dalam rangka bulan K3 ini, masing-masing perusahaan yang ada di Tapin menggelar berbagai kegiatan di lingkungannya kerjanya masing-masing. Seperti PT Energi Batubara Lestari yang memperingati Hari K3 dengan menggelar berbagai macam lomba, mulai dari cerdas cermat antar sub kontraktor di EBL, donor darah, lomba penyampaian safety talk, foto dan poster K3.Metro7/Fit