oleh

SMAN 1 Barabai Gelar Fashion Show

Barabai — Acara perpisahan siswa-siswi SMAN 1 Barabai, Kamis (16/5), diisi dengan berbagai macam hiburan. Salah satunya yang menarik adalah pertunjukan fashion show yang ditampilkan oleh siswa siswinya.
Fashion show yang dilaksanakan di halaman sekolah ini bertemakan batik sasirangan ini ditampilkan oleh 13 orang pelajar. Terdiri dari busana sasirangan  pesta, busana sasirangan kebaya modern dan busana sasirangan casual.
Pembina  ekskul PKn dan seni budaya SMAN 1 Barabai, Dra Noorzakiah MPd, menjelaskan, digelarnya fashion show ini selain untuk memeriahkan acara perpisahan, juga ingin melestarikan budaya daerah yaitu sasirangan.
“Sasirangan merupakan seni budaya asli dari Provinsi Kalimantan Selatan yang harus dilestarikan dan dikembangkan melalui berbagai acara untuk memperkenalkannya kepada generasi muda,” katanya.
Lebih lanjut, Zakiah menyampaikan jangan sampai budaya kita terkontaminasi dengan budaya global yang bisa menghilangkan budaya kita sendiri. “Anak-anak harus kenal dengan budayanya sendiri, jangan sampai lebih kenal dengan budaya-budaya yang kurang baik,” lanjutnya.
Selain itu, pengajar yang juga pemilik koleksi sasirangan ini berharap kepada para generasi muda khususnya anak-anak di SMAN 1 Barabai agar jangan malu dengan budaya sendiri, khususnya untuk menggunakan sasirangan.
“Sasirangan juga bisa dibentuk dengan berbagai macam kreasi seperti yang sudah ditampilkan oleh para siswa dan juga bisa dipadupadankan dengan batik dari luar daerah, seperti batik Jogja,” terangnya.
Salah satu model fashion show, Adi Rezki Putra kelas X1 menuturkan sangat senang dan bangga bisa menampilkan busana sasirangan.  “Meskipun baru pertama kali tampil, tapi sangat terkesan dan merasa bangga dengan menggunakan sasirangan yang merupakan khas daerah sendiri,” ungkapnya.
Perpisahan ini juga diisi dengan acara farewell party yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Ketua Komite Sekolah, para orang tua serta ratusan siswa dan undangan lainnya.
Kepala SMAN 1 Barabai, H Ahmad Zaini, mengatakan acara ini adalah wujud siswa dan siswi dalam bentuk perpisahan dengan adik kelasnya serta guru.  “Acara ini untuk mempererat tali silaturrahmi antar siswa yang meninggalkan dengan siswa yang ditinggalkan serta sebagai ucapan terima kasih kepada para guru,” terangnya.
Lebih lanjut, Zaini menyampaikan agar para siswa SMAN 1 Barabai khususnya kelas XII setelah lulus nanti bisa membawa nama baik sekolah.  “Saya berharap, siswa dan siswi SMAN 1 Barabai bisa memperoleh nilai yang baik dan lulus dalam ujiannya serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” harapnya. AdvHumHST