Home / Ogan Komering Ilir (OKI) / Sumatera Selatan

Selasa, 30 Juni 2020 - 17:37 WIB

SMAN 1 Sirah Pulau Padang Pastikan Terima Siswa Penyandang Disabilitas

Reporter : Firmansyah - Kab.OKI Sumatera Selatan - Dibaca : 28 kali

 

KAYUAGUNG, metro7.co.id – SMA Negeri 1 Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan menyelenggarakan pendidikan secara khusus bagi peserta didik penyandang disabilitas atau keterbelakangan mental.

Ini diungkapkan Kepala SMA Negeri 1 SP.Padang Andi Askar, Selasa (30/06/2020).

“Berdasarkan dari Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan nomor 067/14386.A/31/PK LK/ Disdik SS/ 2019 tentang penunjukan sekolah piloting pendidikan inklusif ramah anak tingkat menengah atas pada tanggal 10 desember tahun 2019, SMA Negeri Sirah Pulau PadangĀ  akan menyelenggarakan pendidikan khusus kepada peserta didik penyandang disabilitas atau keterbelakangan mental, “ujar Andi.

Dijelaskannya lebih lanjut, pendidik yang bertugas di sekolah yang dipimpinnya saat ini sudah siap menyelenggarakan pendidikan khusus.

Baca Juga :  Sembuh Corona Mendekati 100 Persen, Wako Lubuklinggau : Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

“Setelah pembekalan dalam teknik pelatihan indikator, pendidik sudah siap untuk menyelenggarakan pendidikan kepada peserta didik kepada anak yang berkebutuhan khusus,” terangnya.

Dipastikan dalam penyelenggaraan pendidikan kepada peserta didik penyandang disabilitas tidak akan dibedakan dengan peserta didik yang normal tetap dalam waktu dan tempat yang sama namun perhatian dan pembelajaran khusus yang membedakan.

Andi Askar menambahkan, SMA Negeri 1 SP.Padang akan ada satu peserta didik penyandang disabilitas atau keterbelakangan mental pada tahun ajaran baru tahun 2020-2021.

Siswa yang berasal dari lulusan SMP Negeri 3 SP. Padang, tentunya sudah memiliki keterangan lulus dari sekolah asalnya, dan telah mengikuti tahapan dalam penerimaan siswa baru, seperti wawancara dalam menentukan jurusan dan wajib bisa membaca Al Quran.

Baca Juga :  Jembatan Desa Sejangko OI Rusak Parah, Belum Ada Tanda-tanda Perbaikan

“Alhamdulillah, siswa tersebut kita nyatakan lulus untuk melanjutkan sekolah di SMA Negeri 1 SP.Padang,” kata Andi.

Andi Askar berharap kedepan kepada peserta didik yang mengalami keterbelakangan mental yang berdomisili dalam wilayah Kecamatan SP. Padang agar dapat melanjutkan sekolahnya.

“Dan mungkin selama ini belum ada penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik penyandang disabilitas atau keterbelakangan mental kini telah ada salah satunya di sekolah kami SMA Negeri 1 SP. Padang, agar peserta didik penyandang disabilitas dapat melanjutkan pendidikannya untuk menggapai cita-citanya,” pungkasnya. ***

Share :