Desa Membangun Negeri

Home / Barabai (HST) / Kalimantan Selatan (Kalsel)

Senin, 8 Juni 2015 - 09:42 WIB

SMPN 1 Kasarangan Lestarikan Tari Topeng

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 0 kali

BARABAI – Sebanyak lima orang siswi SMPN 1 Kasarangan Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, untuk pertama kalinya menampilkan tarian klasik yaitu Tari Topeng Panambi pada acara penyambutan tim penilai lomba desa ber Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dihalaman MTsN Banua Kupang, Selasa (12/5).
Tari topeng yang jarang dipentaskan tersebut, berhasil menyedot perhatian  tamu dan para undangan lainnya.
Meski tarian klasik, tapi penata tarinya berhasil membuat gerakannya lebih dinamis, ditambah dengan balutan busana penari yang dimodifikasi dengan kain sasirangan khas Kalsel.
“Kami sengaja menampilkan tari Topeng Panambi ini, agar masyarakat  dapat menonton dan lebih mengenal tarian topeng ini,” kata Wahyudin selaku penata tari.
Dijelaskannya, tari topeng ini menggambarkan karakter Topeng Panambi  yang bersifat lembut tapi tegas. “Topeng Panambi  adalah sosok perempuan yang mempunyai sifat periang. Dia adalah seorang dayang yang setia pada Putri Sekar Taji,” jelasnya.
Lebih lanjut, penata tari di Sanggar Diang Kambar ini menyatakan, jika tari klasik ini jarang ditampilkan, akan terancam punah dan tergerus oleh zaman. Masalahnya, masih sedikit generai muda yang belajar tari topeng.
“Biasanya tari topeng ditampilkan pada acara sacral, seperti upacara adat menyanggar Banua,” tambahnya.
Agar tak monoton, Wahyudin  pun memberikan  sentuhan modifikasi pada tari topeng dengan gerakan yang lebih dinamis. “Ada beberapa gerakan yang saya modifikasi, agar lebih menarik. Termasuk kostum, yang biasanya tak bermotif, diberi sentuhan sasirangan,” katanya lagi.
Fathul Janah, salah satu penari tari topeng menuturkan, mereka melakukan latihan tari setiap dua kali seminggu sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
 “Melalui ekstrakurikuler, sekolah terutama kami sebagai penari merasa bangga karena bisa melestarikan budaya daerah, khususnya tari klasik ini,” jelasnya.AdvHumHST

Share :