oleh

Sosialisasi K3 Perkantoran, Bupati Anang Minta Seluruh SKPD Menerapkannya

TANJUNG – Para pejabat jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dan para Kepala Puskesmas dilibatkan mengikuti kegiatan sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Perkantoran yang dilaksanakan Dinas Kesehatan, Senin ( 2/9/2019) di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutan dan arahannya, mengatakan bahwa kegiatan ini bisa terlaksana menunjukan bahwa tingkat peradaban daerahnya lebih tinggi dari daerah-daerah lain.”Karena kita sudah memikirkan bagaimana mewujudkan K3 perkantoran.

K3 perkantoran ini lebih dikenal adanya di kota-kota besar, yang perkantorannya bertingkat-tingkat,” kata Bupati.

Bupati Anang memberikan apresiasi dilaksanakan kegiatan sosialisasi K3 Perkantoran ini.

Ia juga menginstruksikan agar Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, puskesmas, rumah sakit menjadi contoh pertama dari penerapan upaya mewujudkan K3 Perkantoran.

“Sehingga diikuti SKPD lainnya untuk kembali melengkapi peralatan keselamatan, misalnya melengkapi P3K termasuk juga perlengkapan untuk kesehatannya,” katanya lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong H Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan program K3 perkantoran merupakan upaya perlindungan dan pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan sosial ketenagakerjaan, serta pencegahan gangguan kesehatan tenaga kerja, baik bagi perorangan, kelompok, lingkungan ataupun tempat kerja.

Upaya ini sangat berperan besarTerhadap pencapaian sasaran program kesehatan lainnya, sebagaimana yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Rencana Strategis Kabupaten Tabalong.

Sasaran upaya kesehatan kerja pada masyarakat pekerja yang sehat memenuhi upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan yang sakit.

Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan lingkungan kantor yang sehat, aman dan nyaman yang ditunjukan dengan karyawan yang sehat, selamat, bugar dan produktif.

Secara umum tujuan sosialisasi ini adalah kegiatan sosialisasi standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) perkantoran, ditujukan sebagai acuan bagi pimpinan kantor atau pengelola gedung dalam menerapkan K3 diperkantoran.

“Sehingga tujuan kita untuk mewujudkan kantor yang sehat, aman dan nyaman serta karyawan yang sehat, selamat, bugar, berkinerja dan produktif,” katanya.

Sedangkan secara khusus kegiatan sosialisasi ini, agar semua kantor organisasi perangkat daerah di Kabupaten Tabalong terkoordinasi K3 perkantoran dan dapat nenerapkan pelaksanaan standar K3 dilingkungan kantor masing-masing, serta K3 perkantoran dijadikan sebagai kebutuhan utama dilingkungan kantor.

Dalam kegiatan sosialisasi K3 perkantoran melibatkan nara sumber dari Ditjen Kesehatan Kerja dan Olah Raga Kementerian Kesehatan RI, dan dari Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Selatan, serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. (metro7/via).