Desa Membangun Negeri
Selasa, 14 Apr 2015 03:46 WIB

Sosialisasi Program Jamkesda, Kades Harus Benar Mendata Keluarga Miskin

Reporter :  Koran Metro7
MARABAHAN- Para Camat, Kepala Desa (Kades), Kepala Puskesmas, se-Kabupaten Barito Kuala  (Batola) mendapat sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), belum lama tadi. Kegiatan yang menghadirkan pembicara dari BPS dan Dinsosnakertrans Batola di Lantai II Gedung DPRD Batola ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Supriyono.
Mewakili Bupati Batola H Hasanuddin Murad, Sekda Batola Supriyono menyatakan, sangat menyambut baik kegiatan yang dinilai bagian dari upaya bersama untuk mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang mudah, murah, merata serta memadai.
Dikatakannya, dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan program Jamkesda, semua pihak hendaknya terus melakukan segala usaha untuk memberdayakan kemampuan masyarakat di wilayahnya masing-masing.
“Meski Pemkab telah memusatkan pembangunan kesehatan pada sentra-sentra kesehatan di perdesaan sebagai pusat panutan dan pemberian pertolongan pertama namun harapan saya kita harus dapat lebih memacu dan menanamkan lebih dalam kesadaran masyarakat untuk memegang prinsip memelihara kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan,” katanya.
 Satu hal yang dirasa perlu dan mendapat perhatian serius, tambah bupati, khususnya dari seluruh kepala desa dan perangkatnya yaitu terkait pendataan masyarakat miskin yang benar-benar berhak dan layak mendapatkan bantuan dari Program Jamkesda.
Sebab, lanjutnya, apabila data yang masuk tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan maka selain berpotensi menimbulkan kecemburuan juga keabsahan data sangat penting dan diperlukan terutama dalam menentukan besaran dana kesehatan yang harus disiapkan pemda, sehingga diharapkan melalui program ini nantinya dapat semakin mendorong terwujudnya peningkatan daerajat kesehatan masyarakat secara adil dan merata bagi seluruh masyarakat di Batola.
Sehubungan dengan itulah, Bupati menekankan, kepada seluruh peserta sosialisasi terutama para camat dan kades diminta untuk benar-benar memperhatikan dan menyimak penjelasan yang disampaikan nara sumber dengan seksama agar benar-benar mengusai materi yang disampaikan dan diharapkan nantinya dapat ikut berperan aktif dalam memberikan saran dan masukan positif dalam rangka mendukung tercapainya maksud dan tujuan akhir dari kegiatan tersebut. (metro7/andi/hum)

CLOSE