Home / Kalimantan Selatan (Kalsel) / Tanjung (Tabalong)

Rabu, 25 September 2013 - 12:18 WIB

Sosialisasi UU Nomor 7 1981, Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 12 kali

Tanjung — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tabalong, Rabu (18/9) tadi, melakukan sosialisasi UU Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan.
Sosialisasi yang digelar di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjung ini diikuti oleh 30 orang peserta yang mewakili managemen perusahaan sub-kontraktor pertambangan, perkebunan dan jasa yang beroperasi di Kabupaten Tabalong.
Plt Kepala Disnakertrans Kabupaten Tabalong, Mahyuni SH, sebelum membukan kegiatan sosialisasi ini menjelaskan, dengan lahirnya UU Nomor 7 Tahun 1981 ini maka UU Nomor 23 Tahun 1953 tentang kewajiban melaporkan perusahaan dinyatakan tidak berlaku lagi.
Menurutnya, maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi adalah laporan sebagaimana bahan informasi resmi bagi pemerintah dalam menetapkan kebijakan di bidang ketenagakerjaan yang meliputi bentuk usaha resmi, peluang kerja resmi, macam dan jenis usaha, jumlah dan skill pekerja, kesejahteraan atau hak dan lain-lain.
Dalam sosialisasi itu seorang narasumber memaparkan tentang siapa saja pengusaha atau pengurus wajib melaporkan secara tertulis setiap mendirikan, menghentikan, menjalankan kembali memindahkan atau membubarkan perusahaan kepada materi atau pejabat yang ditunjuk. Jika perusahaan mempunyai kantor cabang atau bagian yang berdiri sendiri, kewajiban yang ditetapkan berlaku terhadap masing-masing kantor cabang atau bagian yang berdiri sendiri itu kewajiban lain dari pihak perusahaan dalam pelaporannya. Yaitu batas waktu dan muatan, pindah atau berhenti, sangsi dan ketentuan pidana dan tata cara pelaporan. (Metro7/Via)

Share :