oleh

Sosialisasikan Perpres Kependudukan, Bupati Minta Layanan Terbaik ke Masyarakat

TANJUNG – Sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Kependudukan, untuuk Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong, Rabu tadi menggelar kegiatan Sosialisasi Praturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 di Aula Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung, dengan melibatkan para Kepala desa/lLurah se Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutan teks tertulisnya yang disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil H Suryanadie mengatakan seperti diketahui Pemerintah telah mengeluarkan Perpres Nomor 96 tahun 2018 yang mengatur tentang kependudukan dimana salah satu bunyinya menyebutkan penduduk Indonesia yang ingin pindah domisili kini tak perlu lagi surat pengantar dari RT/RW, masyarakat hanya perlu menyiapkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP elektronik sebagai syaratnya.

Aturan baru ini dalam rangka mempersingkat birokrasi masyarakat dalam mengurus kepindahan, Perpres tersebut merupakan subtansi dari Perpres Nomor 25 tahun 2008.

Namun meski Perpres tersebut telah dikeluarkan, maka penyelenggaraannya tidak sesederhana yang difikirkan, diperlukan kehati-hatian agar tidak menimbulkan permasalahan baru, maka untuk mengantisipasi hal itu perlu digelr sosialisasi dengan melibatkan para Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Tabalong, sehingga tercipta kesepakatan dalam hal pelayanan.

Bupati Tabalong berharap semoga dengan digelarnya sosialisasi ini maka ditemukan kesepakatan bersama sehingga tugas negara dalam pelayanan administrasi kependudukan berjalan dengan baik dan lancar.

Kegiatan sosialisasi Perpres dia nilai sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam urusan penerbitan identitas kependudukan yang lebih yang lebih ringkas dan mudah. (metro7/via).