Desa Membangun Negeri
Senin, 28 Sep 2020 17:33 WIB

Sungai Kapuas Meluap, Sebagian Tempat Mulai Terendam Air

Reporter :  Ariya Laksana Bima - Kab. Sanggau, Kalimantan Barat
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

SANGGAU, metro7. co. id – Akibat inpesitas hujan yang terus menerus turun di Kabupaten Sanggau, membuat debit air di Sungai Kapuas meningkat, dan mengakibatkan luapan air sungai hingga ke sebagian pemukiman padat penduduk.

Seperti yang dialami sebagian penduduk yang berada di Gang Jeruk, Kelurahan. Beringin Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Senin (28/09/20).

Menurut warga sekitar luapan air sungai Kapuas kerap kali terjadi, setiap musim penghujan Gan Jeruk selalu digenangi luapan air Sungai Kapuas, hingga mencapai lutut orang dewasa.

Menurut keterangan warga sekitar yang tinggal di Gang Jeruk, Asmara 45 tahun mengatakan, hampir tiap musim hujan di Jalan Gang Jeruk selalu digenangi air Sungai Kapuas, dalam setahun bisa lebih dari sekali di kampungnya digenangi air sungai yang meluap. “Rasanya menjadi rutinitas tahunan air sungai Kapuas mengenangi jalan di pemukiman Gang Jeruk,” kata Asmara.

Asmara berharap pemerintah Kabupaten Sanggau bisa memperhatikan dan mengatasi luapan air Kapuas dengan melakukan peninggian jalan di area Gang Jeruk, dan wilayah sekitar yang kerap terendam luapan air sungai, karna pemukiman warga di sana rumah tinggi dan jalan gang sepanjang Gang Jeruk rendah. “Jadi luapan air Sungai Kapuas hanya merendam jalan tidak sempat masuk kerumah warga,” tandasnya. ***

Halaman: 1 2

CLOSE