Desa Membangun Negeri
Rabu, 14 Apr 2021 01:33 WIB

Tabalong Akan Buat Akses Jalan Baru Di Kawasan Tanjung Selatan

Reporter :  Hivianor - Tabalong Kalimantan Selatan
Editor :  Ismitullah

TANJUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan memprogramkan membuka akses jalan sepanjang 4,2 kilometer dengan lebar 30 meter sebagai kawasan kota baru untuk merubah wajah kota Tanjung.

“Rencana pengembangan wilayah Tanjung Baru, Tanjung Selatan di Kecamatan Murung Pudak ini memerlukan pengadaan tanah skala besar,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tabalong, Hj.Hamidah Munawarah, pada acara konsultasi publik pengadaan tanah dan penandatanganan kesepakatan Badan Pertanahan Nasional dengan Pemeritah Kabupaten Tabalong, Senin (12/04/2021) di Aula Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak.

Kesepakatan yang akan dibangun oleh pemilik tanah yaitu kesediaan pemilik lahan untuk dibebaskan dalam rangka keperluan pembangunan jalan yang nanti disepakati bersama serta penetapan nilai dari penilai publik Aprizal berikutnya. Kemudian jangka waktu pembayaran dan penyelesaian masalah perselisihan.

Proses pengadaan tanah ini dimulai dari perencanaan pengadaan tanah oleh instansi yang memerlukan tanah, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat setempat dengan membuat dokumen pengadaan tanah. Persiapan telah dilakukan pendataan awal yang kemudian disosialisasikan kepada semua pemilik tanah oleh bupati Tabalong. Konsultasi publik ini juga akan dilanjutkan dengan penetapan inventarisasi dan indentifikasi meliputi pengukuran, dan alas hak kepemilikan oleh Badan Pertanahan Nasional, dan penetapan penafsiran ganti rugi oleh penilai aprizal. Proses terakhir setelah semua tahapan dilaksanakan pelaksana pengadaan tanah menyerahkan hasil pemetaan kepada instansi pengadaan tanah.

Halaman: 1 2 3 4

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas