oleh

Tabalong Boyong WTN Keenam, Angkutan Gratis jadi Nilai Unggulan

JAKARTA – Kementerian Perhubungan kembali memberikan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019 kepada 92 kepada Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi dan salah satunya Tabalong yang dinilai mampu mengelola trasportasi dan keselamatan berlalu lintas dengan baik.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Minggu (15/9) di JCC Senayan, Jakarta dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019.

Bumi Sarabakawa Tabalong sebagai salah satu pemerintah kabupaten yang mendapat piala Wahana Tata Nugraha 2019 ini mendapatkan kategri Piala WTN Tanpa Catatan.

Piala WTN ini merupakan yang keenam kalinya didapatkan oleh Kabupaten Tabalong.

Wakil Bupati Tabalong H Mawardi saat menerima piala WTN ini mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

“Berkat kerja keras dan kerja bersama antara pemerintah daerah, jajaran Polres, dukungan legislatif dan pihak swasta”, ungkap H Mawardi.

Seperti diketahui, angkutan kota yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk memberikan pelayanan transportasi bagi pelajar dan masyarakat umum dinilai oleh cukup berhasil menata kelola transportasi masyarakat dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

H Mawardi menjelaskan bahwa ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri dalam dibidang transportasi.

“Insya Allah tahun 2024 nanti semua kecamatan dapat dilayani dengan angkutan gratis bagi masyarakat,” harap H Mawardi.

Kapolres Tabalong, AKBP Hardiono yang turut mendampingi Wabup menambahkan bahwa angkutan pelajar merupakan sesuatu keunggulan yang dimiliki Tabalong.

Karena menurutnya selain memberikan pelayanan bagi masyarakat juga berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas tiga tahun terakhir ini ke tingkat seminimal mungkin.

“Saya berharap angkutan ini terus diperluas jangkauannya seperti harapan bapak Bupati akan memperluas keseluruh wilayah di Tabalong,” tambah Kapolres Tabalong.

Untuk diketahui, piala Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang harus melewati penilaian beberapa kriteria dari Kementerian Perhubungan, tahun ini penilaian dilakukan pada 152 Kabupaten/Kota Se Indonesia.

Adapun anggota tim penilai penghargaan WTN 2019 ini merupakan perwakilan dari Kemhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), akademisi, dan pakar transportasi. (metro7/rel)