Home / Berita Utama / Lintas Nasional / Tanjung (Tabalong)

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:21 WIB

Tabalong Raih TPAKD Award 2019, Inovasi Kredit Tanpa Bunga Dinilai Terbaik se Indonesia

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 0 kali

JAKARTA – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menerima penghargaan terbaik 1 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2019 yang diserahkan langsung Kepala OJK Pusat pada acara Rapat Koordinasi Nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro serta dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (10/12/2019)di Hotel Mulia Jakarta.

Penghargaan ini terkait inovasi pembiayaan mikro berbiaya rendah bagi UMKM melalui Kredit Gerbang Emas yang dilaksanakan Pemkab Kabupaten Tabalong.

Penghargaan TPAKD juga diberikan kepada kepala daerah yang memiliki komitmen dan peran aktif dalam mengawal program pengembangan dan perluasan akses keuangan daerah.

Baca Juga :  Personel Biddokkes Lakukan Cek Kesehatan Bagi Para Pengungsi

Bupati H Anang Syakhfiani menyebut penghargaan yang diraih Tabalong ini bukti hasil kerja bersama semua pihak di daerah.

“Ini akan jadi motivasi kami untuk lebih baik lagi kedepannya, khususnya dalam berbuat untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Diketahui sejak tahun 2016 Kabupaten Tabalong melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sudah meluncurkan kredit pinjaman tanpa bunga atau nol persen bagi para pedagang usaha kecil menengah (UKM) seperti pedagang-pedagang lapak di pasar tradisional.

Baca Juga :  Banjarmasin Klasemen Paralympic III Kalsel

Kini Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ) Tabalong Bersinar kembali mendapat dana penyertaan modal dari APBD 2019 sebesar Rp 5 miliar guna mendukung pemberian kredit bagi UMKM termasuk bagi petani karet dalam mendukung Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Karet atau Gemas Mekar di Bumi Saraba Kawa yang telah dicanangkan sejak November 2015.

Dimana selain kredit bagi pedagang kecil serta UMKM, Kredit Gerbang Emas melalui BPR juga diintegrasikan bagi Gerakan Masyarakat meningkatkan Mutu Karet. (metro7)

Share :