oleh

Tabalong Runner Up di Piala Paman Birin Cup 2019

TANJUNG – Tak lebih lima menit andai saja gol Yudisima mampu di tahan Febi penjaga gawang Tabalong mungkin saja piala Gubernur juara satu akan di bawa pulang ke Bumi Saraba Kawa Tanjung. Namun, semua sirna setelah dua gol HST bersarang telak di gawang Tim Tabalong hingga HST tampil sebagai juara, Minggu (10/11).

Partai final mempertemukan dua tim Hulu Sungai yakni Tabalong vs HST merupakan pertandingan sangat mengejutkan. Betapa tidak dua tim ini sebelumnya hanya dianggap kuda hitam, tapi mampu menjungkalkan tim-tim berkelas seperti Tim Kota Madya Banjarmasin yang di tumbangkan Tabalong dan tim Kota Baru yang di bantai HST sama-sama lewat drama Adu pinalti.

Dibabak final tim Tabalong sempat unggul lewat gol Rahmad Dody melalui tendangan keras luar kotak penalti di menit 26 hingga membuat tim HST panik dan mencoba terus mengurung pertahanan Tabalong.

Alhasil menit 29 HST mampu menyamakan kedudukan lewat gol dan babak pertama berakhir sama yakni 1-1 hingga kedua tim sama-sama berupaya keras dibabak ke dua.

Babak kedua tim Tabalong bermain sedikit mengendor ditambah dengan fisik pemain yang mulai kedodoran dimanfaatkan HST dengan mampu menekan dan berbuah gol di menit ke 25 dan tidak mampu lagi di balas sampai babak ke dua berakhir.

Kemenangan 2-1 HST mengantarkan sebagai juara satu, Tabalong ke dua serta Kotabaru 3 dan Banjarmasin 4. Para juara berhak menerima piala dan uang pembinaan total Rp 60 juta.

Kapten kesebelasan Tabalong Yohanes mengungkapkan kesedihannya saat gagal membawa tropi juara.

“Kami meminta maaf pada warga Tabalong karna kalah di final. Kami sudah maksimal tapi belum ada rezeki untuk jadi juara, kami berjanji kedepan akan lebih baik lagi,” katanya.

Ketua PSSI Tabalong, Jurni mengatakan apapun hasilnya daerah patut bangga dengan perjuangan anak-anak Tabalong.

“Ini sebuah capaian yang luar biasa apa lagi kita bertanding di partai puncak kompetisi berkelas. Selamat, kita akan terus dukung perkembangan sepak bola di Bumi Saraba Kawa,” katanya.

Sementara Kepala Disporapar Tabalong, Tumbur Parulian mengatakan akan mengundang seluruh pemain yang membawa Tabalong ke Final pada hari jadi Tabalong Desember mendatang. (metro7/reza)