oleh

Tabalong Siapkan Diri Hadapi Corona

TANJUNG – Virus ganas asal Cina sudah tiba di Indonesia bahkan sebaranya sudah kebeberapa daerah – daerah.

Bencana ini dipandang serius oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong dengan menyiapkan segala kemungkinan kedatangan corona di Bumi Sarabakawa, Selasa (17/3).

Lewat Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Pemerintah Kabupaten Tabalong serius dengan menyiapkan tim di rumah sakit serta penanganan informasi pada masyarakat lewat dinas kesehatan.

Saat pertemuan di gedung DPRD Tabalong dihadapan Anggota Komisi I DPRD Tabalong Dinas Kesehatan menyampaikan kesiapan daerah dalam penanganan virus Covid-19.

Begitupula terkait berita simpang siur dan info yang tidak jelas, pemerintah daerah ambil langkah dengan menunjuk dinas kesehatan sebagai corong informasi satu pintu untuk memberikan sebaran informasi akurat.

Pihak Rumah Sakit Badarudin juga sudah sangat siap apabila virus mematikan ini sampai ke Bumi Sarabakwa, yakni membentuk tim dan menyiapkan segala kelengkapan termasuk pakaian medis ambulan dan rusng isolasi serta petugas medis dan petugas kamar mayat khusus corona, pada keadaan terburuk tim bisa bekerja dalam dua regu berbeda.

Kepala Dinas Kesehatan Taufiqqurahman mengatakan tim khusus juga telah memeriksa mahasiswa yang datang dari cina dan terus memantau kesahatan para mahasiswa tersebut dan memastikan tidak terjangkit wabah corona.

Tim juga mendatangi PT Conch, PT Adaro, serta MSW yang mempekerjakan orang asing untuk di pantau kesehatan mereka dan tim terus bekerja sama dengan poskes, postu serta klinik perusahaan untuk menjaring keberadaan virus ini.

“Alhamdulilah sampai hari ini Tabalong aman, mudah – mudahan jangan sampai ada korban, kami dinas kesehatan dan Bupati Tabalong juga sudah mengintruksikan persiapan serius daerah kita termasuk izin menggunakan dana APBD dalam penanganan corona,” katanya.

Dinas Kesehatan juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan untuk menyisir orang yang datang ke Tabalong lewat Bandara Warukin.

Ketua Komisi I DPRD Tabalong H Supriani mengatakan mendukung secara penuh upaya pemerintah daerah dalam kesiapan menghadapi corona termasuk pembelian alat-alat deteksi yang diperlukan. (metro7/rz)