oleh

Tahun Ini, Disdukcapil Tergetkan 5000 Blangko KIA Tercetak

TAMIANG LAYANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Barito Timur Nakaria F Pundeh menegaskan pada tahun 2019 ini pihaknya menargetkan 5000 blangko Kartu Identitas Anak (KIA) sudah tercetak.

“Tahun ini kita targetkan 5 ribu anak yang berumur nol bulan sampai dengan umur tujuh belas tahun kurang sehari di Bartim sudah mempunyai (KIA),” tegas Nakaria usai menghadiri kegiatan Hari Anak Nasional sekaligus melaunching KIA di halaman kantor Bupati setempat Jum’at 27 September 2019.

Dirinya mengatakan, saat ini kartu KIA yang sudah tercetak sebanyak 250, dan terus diusahakan melalui himbauan dan sosialisasi serta kerja sama dengan instansi lainya agar target 5000 KIA bisa tercetak semua.

Adapun peruntukan KIA bagi anak usia 0 -17 tahun kurang sehari itu pembagiannya terdiri dari dua kategori, yakni untuk anak usia 0 bulan hingga 5 tahun tidak ditampilkan foto, tapi bagi yang berumur diatas 5 tahun sampai umur 17 tahun kurang sehari terdapat foto.

Adapun syarat untuk mendapatkan KIA juga tidak sulit. Cukup lampirkan foto copy KK, KTP orang tua dan akta kelahiran anak. Namun bagi umurnya 5 tahun sampai 17 tahun kurang sehari harus membawa poto 4×6 berwarna latar dua lembar. Latar biru untuk kelahiran genap, dan latar merah untuk kelahiran ganjil.

“Ayo masyarakat Bartim kalau ingin membuatkan KIA untuk anaknya segera datang ke Kantor Disdukcapil Bartim, tanpa dipungut biaya alias gratis, namun harus melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” pungkasnya. (metro7/budi).