Desa Membangun Negeri
Senin, 21 Sep 2020 17:57 WIB

Tak Pernah Dilibatkan Anies, DPRD DKI Akan Buat Perda PSBB

Reporter :  S Ramdani - Jakarta Pusat
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

JAKARTA, metro7.co.id – Ketua DPRD Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengaku belum pernah dilibatkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam membuat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selama ini, Anies baru membuat aturan dalam bentuk Peraturan Gubernur (Pergub) yang pembahasannya rampung di ranah eksekutif. Untuk itu Prasetio mengatakan, DPRD DKI akan mengusulkan pembuatan peraturan daerah (Perda).

“Tetapi memang pada nyatanya, DPRD tidak pernah diajak musyawarah untuk membentuk aturan aturan di keijakan PSBB. Sama seperti di setiap kebijakan sebelumnya,” ujar Prasetio kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

“DPRD akan membuat Perda PSBB melalui jalur inisiatif DPRD DKI Jakarta. Bukan usulan eksekutif,” tambah Prasetio.

Prasetio mengatakan, Peraturan Gubernur (Pergub) PSBB yang dibuat Anies memiliki kekuatan hukum yang lebih lemah dari Perda. Pembuatan Perda ini dinilai penting karena pandemi berkaitan dengan banyak hal dari kemasyarakatan, kesehatan, hingga ekonomi.

Terlebih lagi pandemi ini belum diketahui kapan akan berakhirnya dan dampaknya nanti sekalipun ketika vaksin sudah ditemukan. Karena itu, aturan yang lebih kuat agar bisa dijalankan semua pihak perlu dibuat.

Halaman: 1 2

CLOSE