Desa Membangun Negeri
Sabtu, 16 Okt 2021 20:20 WIB

Tambang Ilegal Leluasa Jarah Aset Negara di Perairan Matras, PD Inaker Bangka Segera Berkirim Surat ke Kementerian ESDM

Reporter :  Yulian Andryanto - Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BANGKA BELITUNG, metro7.co.id — Kasus penyalahgunaan perahu bantuan dari Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Jaya Bersatu Kelurahan Matras yang melakukan penambangan bijih timah secara ilegal di Wilayah Izin Usaha Produksi (WIUP) PT Timah Tbk perairan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, ditanggapi sekretaris Pengurus Daerah (PD) Inaker Kabupaten Bangka, Rama Pratawijaya.

 

Pemuda kelahiran Lingkungan Matras itu meminta pihak berwenang yaitu Pemkab Bangka dan PT Timah Tbk untuk mengusut tuntas kasus tersebut sesuai UU Minerba Nomor 03 tahun 2020. 

 

“Itu lah yang sangat kita sayangkan. Sedangkan bantuan perahu itu kan memang untuk nelayan. Tapi, kok, disalahgunakan kegiatan yang menurut kita itu ilegal. Digunakan untuk penambangan,” ungkap Rama, Sabtu (16/10/2021) siang. 

 

Selain itu, ia turut memberi dukungan penuh kepada PT Timah Tbk agar tak hanya menertibkan tambang-tambang ilegal tersebut, tapi menindaknya juga sesuai aturan hukum yang berlaku. 

 

Karena itu pihaknya dalam waktu dekat ini, lanjut Rama, akan segera berkirim surat ke Kementerian ESDM melalui jaringan Inaker pusat supaya kasus penjarahan mineral milik negara itu bisa menjadi perhatian pemerintah pusat. 

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2