Desa Membangun Negeri
Jumat, 10 Jan 2020 13:20 WIB

Tanam Pohon Buah Buahan, Kapolres Bartim : untuk Minimalisir Bencana Banjir

Reporter :  Koran Metro7

TAMIANG LAYANG – Polres Bartim Polda Kalteng bersama TNI, Pemerintah daerah Bartim serta stecholder lainya lakukan aksi tanam pohon buah – buahan di lingkungan mako dan asrama Polres Bartim, Jumat 10 Januari 2020, pagi.

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini adalah merupakan wujud dari program ‘Polri Peduli Penghijauan’ dengan aksi menanam pohon serentak di seluruh Polres se-Indonesia.

“Sesuai dengan arahan dari Pak Kapolri dan Polda hari ini serentak dilaksanakan penanaman pohon dalam program ‘Polri Peduli Penghijauan,” ujar Kapolres yang tegas ini.

Kapolres memaparkan, sedikitnya Ada sekitar 600 lebih bibit pohon yang akan di tanam di wilayah hukum Polres Bartim. Adapun bibit pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis buah-buahan seperti durian, mangga, rambutan dan sirsak.

Bibit pohon buah tersebut adalah bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Barito Timur.

Ia menjelaskan, upaya ‘Polri Peduli Penghijauan’ ini adalah merupakan salah satu langkah untuk antisispasi meminimalisir dampak bencana alam seperti banjir.

Menurutnya, pepohonan selain menyuplai oksigen juga media penyangga tanah dan air didalam tanah, akar pohon akan menyerap air.

Kapolres berharap dengan adanya aksi ‘Polri Peduli Penghijauan’ ini, kabupaten Bartim bisa terhindar dari bencana alam.

“Ayo kita bersama-sama berdoa, semoga Bartim tetap aman dan kondusif. Semoga bibit yang kita tanam dapat dirasakan tidak hanya pada generasi sekarang tapi untuk jangka panjang anak cucu kita kedepan,”pungkanya.

Aksi menanam pohon tersebut nampak dihadiri Bupati Bartim, Kadis Pertanian, Plt Kadis DLH, TNI, Ketua Pengadilan, perwakilan Kejari, Perwakilan Rutan Tamiang dan tamu undangan lainya.(metro7/budi).

CLOSE