oleh

Tapin Utara Jadi Percontohan

RANTAU — Kecamatan Tapin Utara terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan proyek percontohan program Polres Tapin, yaitu Program Bhayangkara Pembina Keamanan dan ketertiban masyarakat. Terpilihnya Tapin Utara, karena dipandang mudah pengawasannya dan rentan tidak kriminal

Hal itu diungkapan Agus Jatmiko, Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Tapin. ’’Kami baru saja melakukan sosialisasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melibatkan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Tapin Utara, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Tapin Utara,” ujar Agus.
Dijelaskannya, acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Tapin Utara Harliansyah SE dan Kapolsek Tapin Utara. ’’Dalam acara tersebut kami mensosialisasikan sekaligus membahas penunjukan Kecamatan Tapin Utara sebagai pelaksana proyek percontohan di Kabupaten Tapin,’’ ujar Agus.
Ia menilai di Kalimantan Selatan program tersebut malah terbilang lambat dibandingkan pulau Jawa. Untuk tahap pertama ini, hanya satu kecamatan sebagai proyek percontohan.
“Dalam program ini, nanti akan ditempatkan satu orang anggota Bhayangkara yang akan membina keamanan dan ketertiban masyarakat atau Babinkamtibmas di satu desa. Nantinya anggota ini yang akan menjalin kemitraan dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Jadi, setiap timbul masalah di tengah masyarakat, anggota bhayangkara inilah yang akan membantu menyelesaikannya, sehingga tidak sampai dilaporkan ke Polres Tapin,” kata Agus.
Disebutkan Agus, ditargetkan pada tahun 2014 mendatang, program ini sudah dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tapin.
Sementara itu Camat Tapin Utara Harliansyah menyambut baik program ini. “Kami berharap, semuanya dapat berjalan lancar dan optimal,” kata Harliansyah. Metro7/fit