oleh

Tata Batas Belum Rampung

Kabag Pemerintahan Setda Batola
Fuad Syekh. S.Sos. MAP
MARABAHAN – Tata Batas merupakan hal yang mendasar bagian suatu daerah, maka dari itu tim tatabatas kabupaten Batola sedang seriusnya dalam penyelesai tata batas, agar tidak menimbulkan konflik bagi kemajuan pembangunan suatu daerah.
Hal ini diungkapkan Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Barito Kuala Fuad Syekh saat ditemui Metro7 diruangan kerja nya mengatakan, saat ini tata batas antar Provinsi Kalsel dan Provinsi Kalteng hampir rampung sedangkan tata batas antar kabupaten, masih ada dalam tahap penyelesaian.
“Seperti Kabupaten Batola dengan Tapin dan Kabupaten Batola dengan Barsel saat ini masih dalam tahap pensosialisasian atau masih tahap mediasi dalam hal penyelesaian tatabatas antar kabupaten, sedangkan yang sudah terselesaikan kabupaten Batola dengan kabupaten Banjar dan kabupaten Batola dengan kabupaten Kapuas, ”jelas Fuad.
 Memang saat ini ada sebagian yang belum rampung tetapi ada juga yang sudah rampung atau sudah terselesaikan, sehingga secara admistrasi sudah ada kejelasan bagi masing-masing daerah dalam hal tata batas, maka dari itu lah pihaknya secepat mungkin dalam penyelesaian tata batas agar tidak menimbulkan konflit dikemudian hari, apalagi sampai menghambat untuk kemajuan pembanguan bagi daerah.
Fuad juga menambahkan, selain pada fokus penyelesain tata batas antar kabupaten, pihaknya juga serius dalam penyelesaian tata batas antar kecamatan dan desa agar segera terselesaikan, sehingga tata batas yang masih belum rampung secepatnya bisa diselesaikan, sehingga hal-hal yang menghambat untuk kemajuan pembangunan tidak terjadi. apalagi sampai menimbulkan konflit kerawanan antar perbatasan.
Dia juga berharap, dengan adanya beberapa tata batas yang masih belum rampung, agar masyarakat bisa dengan sabar dan saling menjaga batasan masing-masing. “Jangan sampai memicu akan terjadinya konflik karena akan menghambat dalam kemajuan pembangunan daerah,” pungkas Fuad. (Andi/Metro7)