oleh

Team Brigdal Adaro Mulai Padamkan Kebakaran Lahan di Palangka Raya

PALANGKARAYA – Tim Brigdal Karhutla PT Adaro Indonesia Kamis (26/9) pagi ini mulai beraksi. Beberapa titik api di Jalan Mahir Mahar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah jadi sasaran dari pemadaman ini.

Tim Bridal Karhutla Adaro tidak sendiri. Dibawah BKO BPBD Kalteng, turut pula tim lainnya seperti Pertamina Tanjung, PLN Pulang Pisau, TNI, Sekolah Relawan Jakarta serta dari beberapa kantor dinas di lingkungan Pemda setempat.

Sebelum bergerak ke titik-titik api, tim karhutla tersebut dikumpulkan di Poslab 1 BPBD Kalteng di jalan RTA Milono.

Komandan regu Brigdal Karhutla Adaro, Fenly, membagi tugas personilnya menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi tugas sebagai tim pemadaman. Sementara kelompok kedua bertugas menyiapkan logistik suplay air dari water truck ke fire truck.

Setelah pembagian tugas dilakukan, team kemudian bersama tim Karhutla lainnya menerima arahan dari Danrem 102/Pjg Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kolonel Arm Syaiful Rizal.

“Saya mengharapkan adanya tim-tim kecil yang berpatroli dan mendata dimana lokasi titik-titik api. Dengan demikian tim yang sudah siaga langsung meluncur dan melakukan pemadaman, sehingga tidak menjalar kemana-mana,” ujar Danrem 102/Pjg.

Poslab 1 yang diaediakan sebagai home base tim gabungan Karhutla dilengkapi dengan dapur umum serta pemeriksaan kesehatan dari TNI.

Hingga saat ini seluruh tim diarahkan melakukan pemadaman di daerah jalan Mahir Mahar yang paling banyak terdapat titik api. Titik api di jalan tersebut melebar hingga ke daerah Kelampangan.

Sebelumnya, Suhernomo, Kepala Teknik Tambang PT Adaro Indonesia, dalam kegiatan pelepasan tim Brigade Karhutla di kantor Wara 73, Selasa (24/9/2019) mengatakan, keterlibatan tim Adaro dalam penanganan Karhutla ini diharapkan dapat mengurangi penderitaan masyarakat yang terdampak asap. (metro7/via/rel)