Desa Membangun Negeri
Senin, 14 Des 2020 17:54 WIB

Tim Hukum MS-SM Resmi Laporkan Cabup 02 di Taliabu ke Bawaslu?

Reporter :  La Ode Abd M Havidl - Kab. Pulau Taliabu/Kepulauan Sula, Maluku Utara

TALIABU, metro7.co.id – Soal penyerahan hibah lahan TPA di Desa Sahu Taliabu Utara, Tim Hukum MS-SM resmi melaporkan Aliong Mus ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) Kabupaten Pulau Taliabu. Hal itu berdasarkan dengan nomor laporan:10/PL/PB/Kab/31.10/XII/2020 tertanggal 11 Desember 2020.

Saat dikonfirmasi, Tim Hukum paslon MS-SM yang diwakili oleh Mustakim La Dee menjelaskan, motif pelanggaran yang menempel pada calon Bupati (Cabup) petahana Pulau Taliabu ini, menyangkut soal kapasitasinya sebagai calon Bupati yang mewakili pemilik lahan, sementara penerima adalah Kepala Desa Sahu yang di wakili oleh Imam Mesjid Desa  Sahu, sebagaimana yang diberitakan oleh salah satu media online di Taliabu.

Atas dasar inilah, pengacara muda itu menilai bahwa, apa yang di lakukan oleh Calon Bupati Aliong Mus di Desa Sahu merupakan tindakan pelanggaran terhadap Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Pasal 70 ayat (1) Huruf C.

“Dalam kampanye, pasangan calon dilarang
melibatkan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dan Perangkat Desa atau sebutan lain/Perangkat Kelurahan,” kata Mustakim menjelaskan soal muatan pelanggarannya, Senin (14/12/2020).

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas