Desa Membangun Negeri
Rabu, 12 Agu 2020 19:41 WIB

Tingkatkan PAD, Pemprov NTB Diminta Susun Regulasi Ekspor Bibit Lobster

Reporter :  Ahmad Saleh Tabibuddin - Kab. Lombok Barat, NTB

MATARAM, Metro7.co.id – Anggota DPRD NTB yang juga pelaku usaha lobster H Najamuddin Mustoefa meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB agar segera menyusun regulasi yang didalamnya mengatur ekspor bibit lobster ke luar negeri harus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) NTB, Rabu, (12/08/2020).

Dijelaskan, Pemerintah Pusat memiliki keterbatasan dalam mengatur hal-hal spesifik di daerah. Maka, Pemprov selaku perwakilan pusat di daerah yang tugasnya utamanya meningkatkan kemaslahatan ekonomi rakyat, harus menutup keterbatasan itu.

Salah satunya dengan menyusun regulasi yang di dalamnya mengatur arus distribusi usaha pengiriman lobster dari NTB ke luar negeri.

“Peraturan Daerah kah namanya, Peraturan Gubernur kah namanya, Peraturan Bupati kah namanya dalam rangka kita yang tempatan ini mendapatkan hasilnya berupa pendapatan hasli daerah,” katanya.

Ia menilai selama ini, belum ada upaya daerah menjadikan sektor tersebut sebagai sumber PAD. Sementara, uang yang beredar setiap tahunnya dari sektor pengiriman bibit lobster cukup besar.

Jika hal itu tidak segera diatensi pemerintah bisa dipastikan uang tersebut akan menguap begitu saja tanpa bisa dinikmati oleh masyarakat NTB.

Halaman: 1 2

CLOSE