oleh

TMMD di Kotabaru, Dandim Ajari Anak Desa Tajwid Bacaan Al Qur’an

-Kotabaru, TMMD-3.370 views

KOTABARU – Dua pekan personil Kodim 1004 Kotabaru masuk desa lewat program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). Desa Subur Makmur, Kecamatan Pulau Barat terlihat ramai dari biasanya. Para prajurit nampak berseliweran tiap hari disana.

Keberadaan mereka ini bukan dalam rangka kegiatan operasi militer. Mereka berada disana dalam rangka mengemban tugas negara dan mengabdi pada masyarakat.

Sebanyak 114 personil angkatan darat dari Kodim 1004/KTB melaksanakan program TMMD, bekerjasama dengan pemerintah setempat.

Adapun kegiatan TMMD meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Fisik berupa pengerjaan pembuatan badan jalan sepanjang 1,7 km, perbaikan rumah warga yang tak layak huni, perbaikan musalla, dan pembangunan saran MCK, sedangkan non fisik berupa kegiatan penyuluhan-penyuluhan kepada warga dengan menggandeng pihak terkait.

Cuaca yang sangat mendukung sehingga pengerjaan fisik bisa dikebut anggota satgas, agar hingga waktu berakhir.

Dandim 1004 Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, terus memantau perkembangan dilapangan. Kamis kemarin Dandim bersama Kasdim turun kelokasi TMMD untuk mencek langsung perkembangan.

Di sela kunjungannya desa Subur Makmur Dandim juga menyambangi sebuah sekolah. Taman Pendidikan Al-quran (TPA) Darulmuhajirin yang ia sambangi.

Senyum gembira tergambar dari wajah-wajah polos anak-anak TPA Darulmuhajirin saat menyambut kedatangan Dandim1004/KTB, Letkol Inf Rony Fitriyanto beserta rombongan.

Sebelumnya Dandim Letkol Inf Rony Fitriyanto menunaikan Sholat Dzuhur berjamaah di Musalla Darul Muhajirin dan bertindak sebagai imam.

Saat ditanyakan tentang hafalan surah dan nama Nabi terakhir oleh Dandim serempak anak-anak TPA mengacungkan jarinya.

“Siapa yang hafal surah pendek dan tau nabi yang terakhir,” tanya Dandim Rony ke anak-anak? “Saya….!,” serempak mereka menjawab.

Akhirnya satu-persatu dari mereka maju dan membacakan ayat suci Al-qur’an. Hampir seluruh anak-anak bisa dan pandai dalam ucapan saat membacakan ayat suci Al’Qur’an.

Dandim juga memberikan pengajaran tentang bacaan yang benar dalam ucapan dan tajwid bacaan Al-Qur’an kepada anak- anak sebelum beranjak.

Suasana kedekatan tentara dengan anak-anak pun tergambar.

Sementara Kasdim Mayor Inf Sjamsul Khusairi juga memberikan siraman rohani kepada warga.

Tentara basic sarjana agama ini, menyempatkan diri memberikan ceramah agama kepada prajurit dan warga di mushola Darulmuhajirin desa Subur Makmur setiap malam Jum’at.

Dalam ceramahnya Kasdim memberikan asupan rohani tentang pentingnya untuk selalu mendekatkan dan meningkatkan iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai landasan menuju akhirat.

Kegiatan dilanjutkan makan malam di rumah di salah satu rumah warga. (metro7/syn).