Desa Membangun Negeri
Senin, 16 Sep 2019 20:35 WIB

Ujicoba dan Simulasi Dorong Suksesnya E-Voting Pilkades Tabalong

Reporter :  Koran Metro7

TANJUNG – Suksesnya pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak menggunakan sistem E-Voting pada bulan Agustus 2019 tadi tak lepas dari upaya Diskominfo untuk terus melakukan sejumlah persiapan, termasuk melakukan simulasi dan ujicoba.

Dikatakan M Zainaini Kasi E-Goverment Diskominfo Tabalong, sebelum E-Voting dimainkan, pihaknya terlebih dahulu melakukan ujicoba serta simulasi gunakan memastikan tidak terjadi beberapa kendala.

“Alhamdulillah buah dari persiapan dengan ujicoba serta simulasi, hasil Pilkades E-Voting berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan, karena internet lokal yang kita gunakan pada sistem ini minim gangguan,” kata Zain.

Pada simulasi dan ujicoba pihaknya juga menggunakan aplikasi E-Voting terbaru yang sudah menggunakan sistem QR Code.

Sebelumnya kata Zainaini sebelum Pelaksana pilkades, pihaknya telah melakukan uji coba di desa yang mejadi lokasi E-Voting.

Proses ujicoba dan simulasi juga dihadiri oleh masyarakat langsung dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), yakni sekitar 30 hingga 50 orang.

“Misal di Kambitin Raya kami uji coba dua kali, Tanta sekali, dan Kasiau sekali. Alhamdulillah pada pelaksanaan aslinya juga berjalan lancar dan sukses, ” imbuhnya. (metro7/mc).

CLOSE