oleh

Upaya Pencegahan Penularan COVID-19, Bawaslu Tanah Bumbu Wajibkan Cuci Tangan Saat Masuki Kantor

TANAH BUMBU – Di awal tahun 2020 ini, seluruh masyarakat dunia, termasuk Indonesia, tengah menghadapi krisis kesehatan dengan munculnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jajaran staf dan anggota serta keluarga besar Bawaslu Tanah Bumbu menyatakan telah melakukan langkah pencegahan virus corona.

“Saya menyampaikan rasa prihatin kami bagi masyarakat Indonesia yang terdampak oleh virus corona beserta keluarga, dan kami senantiasa berdoa agar keadaan dapat segera membaik,” ujar Ketua Bawaslu Tanah Bumbu, H Kamiluddin Malewa saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (17/03/2020)

Melihat situasi dari penyebaran Covid-19 yang terus berkembang, Bawasu Tanah Bumbu rutin memonitor kemungkinan penyebaran yang terjadi.Fokus utama saat ini adalah memastikan seluruh karyawan, staf dan juga keluarganya tetap berada dalam keadaan sehat serta memastikan seluruh fasilitas bekerja yang dimiliki di seluruh kantor selalu dalam keadaan bersih.

“Saya perintahkan dan wajibkan kepada seluruh karyawan dan staf serta tamu untuk mencuci tangan sebelum masuk keruangan, dan kami telah menyiapkan air di depan pintu sebelum masuk ruangan kantor,” ujar H Kamiluddin.

Bersama ini, Bawaslu Tanah Bumbu juga ingin menginformasikan bahwa berdasarkan keadaan yang ada, ia memutuskan untuk menunda beberapa acara dan kegiatan yang seharusnya diselenggarakan dalam waktu dekat.

Keputusan ini, menurut H Kamiluddin, harus diambil sebagai bagian dari upaya menghindari kondisi berkumpulnya orang dalam jumlah banyak di satu lokasi. Itu dilakukan demi menghindari kemungkinan penyebaran virus corona.

“Dalam melakukan perjalanan dinas kedaerah luar kami menundanya, untuk yang sudah terlanjur melakukan perjalanan dinas diminta agar setelah kembali dari perjalanan dinas, untuk melakukan pemantauan secara mandiri selama 14 hari terhadap gejala yang timbul” ungkapnya.  
 
Ditanya soal pelantikan pengawas Kelurahan dan Desa serta kegiatan operasional Bawaslu Tanah Bumbu menjelaskan tetap berjalan seperti biasa dengan mengikuti himbauan dan surat edaran dari Bawaslu RI tentang bagian dari upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

“Untuk kegiatan pelantikan pengawas kelurahan dan desa tetap akan berjalan sesuai jadwal, nanti kegiatannya akan dibagi per kecamatan untuk menghindari perkumpulan orang banyak, untuk awal dilakukan di Kecamatan Kusan Hulu dan Kuranji, Satui dan Angsana, Kusan Hilir, Sungai Loban, Mantewe dan Karang Bintang selanjutnya Kecamatan Simpang Empat digabung dengan Batulicin,” katanya. (metro7/khairil)