Desa Membangun Negeri
Sabtu, 18 Sep 2021 00:41 WIB

UPKM/CD Bethesda Yakkum area Malaka, lakukan Workshop Visioning Program Kesehatan Kabupaten dan Desa

Reporter :  Fabianus Bria - Kab. Malaka - NTT

 

” kami punya program yang namanya desa model yang kegiatannya berhubungan dengan stanting, sehingga program yang di jalankan berupa pemberdayaan ekonomi, pemberian makanan tambahan serta penyediaan lauk pauknya yang menjadi faktor korelasi penurun stanting”, tuturnya.

 

Viktor manek lebih lanjut menjelaskan bahwa, sesuai dengan pemaparan materi yang di sampaikan kepada peserta workshop berhubungan dengan optimalisasi badan usaha miliki desa ( BUMDES ) dan pemamfaatan dana desa yang selama ini menurutnya, bumdes yang ada di malaka bergerak sebatas pada aspek perdagangan misalnya usaha kios, sewa kursi dan tenda sehingga mari kita sama-sama benahi usaha bumdes yang sudah berjalan saat ini.

 

” Bumdes sudah harus berpikir tentang produksi. dan produksi itu di lakukan sesuai dengan potensi lokal yang miliki oleh desa, misalnya potensi desa di bidang pertanian,peternakan, perikanan dan pariwisata. untuk itu desa harus mulai bergerak”, pungkasnya.

 

Viktor manek menghimbau kepada desa-desa yang menjadi binaan comunity development bethesda Yakkum area Malaka yang berada pada dua kecamatan yakni kecamatan Laenmanen dan kecamatan Wewiku untuk melakukan sering dana dari sisa anggaran covid-19 dan bantuan langsung tunai yang termuat dalam APB-des  masing-masing desa yang ada di dua kecamatan tersebut yang menjadi desa binaan UPKM comunity development bethesda Yakkum area Malaka untuk berkolaborasi dalam menekan stanting.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2