Home / Covid-19 / Desa Membangun Negeri / Tanjung (Tabalong)

Selasa, 23 Juni 2020 - 23:04 WIB

Warga dan Aparat Desa Kapar Bertekad Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Reporter : Ahmad Fadilah - Tabalong Kalimantan Selatan - Dibaca : 130 kali

TANJUNG, metro7.co.id – Berbagai cara dilakukan para pemimpin daerah wilayah perdesaan di Kabupaten Tabalong dalam menjaga desa serta warganya di tengah pandemi Covid-19.

Diantaranya Desa Kapar, yang mana telah melakukan pencegahan Covid-19 dengan pengadaan cairan diesinfektan, masker, tempat cuci tangan serta alat penyemprotan.

“Kemarin alat penyemprotan dan cairan disinfektan sudah dibagikan ke seluruh RT,” ujar Markuni, Kepala Desa Kapar pada Senin kemaren.

Lanjutnya, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di tempat ibadah serta tempat perkumpulan masyarakat.

Baca Juga :  Halal Bihalal Guru PAI

“Dan lingkungan sekitar RT, yang dikoordinir oleh Ketua RT setempat,” kata Kades yang keseharianya juga menjabat sebagai Kasi Trantib di Kecamatan Murung Pudak ini.

Selain itu, Markuni menyampaikan pihaknya juga menyediakan tempat cuci tangan di berbagai lokasi yang lumayan ramai serta mengadakan sosialisasi bahaya virus Corona melalui poster, spanduk dan penyuluhan.

“Tempat cuci tangan juga kami sediakan di tempat vital seperti mesjid, langgar, sekolah dan lainnya,” tuturnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Ini Minta Kades Agar Tepat Sasaran Mendata Calon Penerima Bantuan Dampak Covid 19

Ia mengatakan, beberapa program pembangunan tetap diberjalankan namun sebagian dibatalkan. “Yang kita jalankan hanya pembangunan yang penting dan bersifat prioritasnya,” kata Markuni.

Markuni mengaku sudah menetapkan APBDesa Perubahan, sekitar Rp 93 Juta khusus untuk penanggulangan dan pencegahan wabah Covid-19.

“Kami berharap dengan adanya beberapa penyediaan tadi dapat memutus penularan mata rantai Covid-19 di Tabalong,” harapnya. ***

Reporter : Ahmad Fadillah / Tabalong – Kalsel.

Share :