Home / Desa Membangun Negeri / Lampung / Pesarawan

Jumat, 26 Juni 2020 - 12:07 WIB

Warga Desa Kurungan Nyawa Pesawaran Giatkan Ronda Malam

Reporter : Magel Hen - Kab.Pesarawan, Lampung - Dibaca : 48 kali

 

PESAWARAN, metro7.co.id – Kegiatan ronda malam adalah salah satu langkah antisipasi masyarakat untuk mengurangi resiko terjadinya pencurian dilingkungan masing masing.

Selain untuk antisipasi terjadinya pencurian ataupun gangguan Kamtibmas ronda malam juga mampu memperkokoh persatuan sesama warga dalam menjaga keamanan lingkungan tinggalnya.

Seperti yang dilakukan warga Desa Kurungan Nyawa Kabupaten Pesawaran ini mereka melakukan kegiatan Ronda malam bersama secara bergantian setiap malam nya di RT masing masing

Baca Juga :  'Riska sama Adik Bisa Terang Belajarnya', Ketika IWO dan PT KKJ "Terangi" Rumah Pasangan Agung - Ariana

Herison (48) salah satu warga Dusun Kejadian Desa Kurungan Nyawa mengaku senang mengikuti kegiatan ronda malam selain ikut membantu terciptanya keamanan di lingkungan juga dia bisa berkumpul bersama warga lainnya.

” Saya kebetulan kena giliran ronda tiap malam Jumat ya seneng aja ikut menjaga keamanan dan bisa begadang bersama warga lain yang kena jadwal ronda malam,” terangnya.

Tentu saja kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan khususnya di desa desa mengingat akhir-akhir ini sering terjadi aksi aksi pencurian yang tentunya langkah pencegahan harus dilakukan secara bersama-sama oleh warga setempat.

Baca Juga :  Mobil Boks Muatan Daging Celeng Berlogo PT POS Indonesia Kecelakaan

Ronda malam adalah salah satu budaya di masyarakat atau bisa juga disebut kearifan lokal yang tentunya juga mengandung makna kebersamaan yang harus terus dipertahankan karena selain untuk menjaga keamanan lingkungan tinggalnya banyak nilai-nilai luhur dari kegiatan seperti ini. ***

Share :