oleh

Warga Gelar Palas Kambing di Lokasi Sengketa

PTPN Nusantara XIII Dituding Caplok Masyarakat
PARINGIN Warga Lamida Bawah Kabupaten Balangan melakukan aksi Palas kambing atas digarapnya lahan mereka yang telah diklaim oleh PTPN NUSANTARA XIII, Jumat (17/2) kemarin.

Sekira 400 orang warga telah menguasai lahan tersebut sejak pekan lalu. Belakangan sambil berjaga jaga mereka juga melakukan ritual Pemalasan kambing yang bertujuan untuk mendapatkan kedamaian dan tidak ada jatuh korban dalam mengelola lahan tersebut. Hal itu dituturkan Koordinator warga, Rusmadi saat ditemui Metro7.
Warga Dayak ketika menyembelih kambing sebagai Palas. (reza)
 
Apabila tidak ada respon dari pihak PTPN, maka kami akan terus menguasai lahan ini dan menggarapnya sesuai yang kami rencanakan. Karena kami yakin dengan kebenaran klaim ini, yang bisa kami buktikan dengan surat-surat kepemilikan yang sah,” tegasnya.
Disebutkan bahwa jumlah keseluruhan tanah perkebunan yang bermasalah itu adalah 450 hektar, dan warga yang juga merasa memiliki lahan tersebut berharap supaya dikembalikan, untuk digarap kembali dan hasilnya dapat mereka ambil sebagaimana harusnya.
Menurut Rusmadi, hingga saat ini belum ada jembatan pertemuan warga dengan pihak PTPN NUSANTARA. Padahal persoalan tersebut sudah lama mereka kemukakan kepada para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Balangan, namun sampai sekarang belum mendapat tanggapan berarti. Metro7/Sri