oleh

Warga Tidak Mampu Dibantu Pangan, Diserahkan Langsung Bupati Anang

TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong, mulai tahun 2019 ini menyalurkan bantuan pangan daerah kepada 3.409 warga tidak mampu di 12 Kecamatan, Rabu tadi.

Bantuan pangan daerah merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah Kabupaten Tabalong terhadap masyarakat miskin untuk menambah jatah bantuan pangan dari pemerintah pusat.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani didampingi Kepala Dinas Sosial H Yuhani langsung turun membagikan bantuan pangan daerah secara simbolis kepada warga miskin di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Murung Pudak, Kecamatan Tanjung, dan Kecamatan Tanta.

Bupati mengatakan penyerahan bantuan pangan daerah secara simbolis ini untuk memberitahukan kepada warga masyarakat, bahwa bantuan beras seperti ini akan terus berlanjut sesuai janji pada saat kampanye lalu, bahkan ditambah jumlahnya.

Hal ini sebutnya patut disyukuri dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dimana bantuan pangan daerah berupa beras lokal yang dibeli dari para petani di Kecamatan Pugaan, Banua Lawas, Kelua, Muara Harus, dan sebagian dari Kecamatan lainnya.

Plt.Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, H Yuhani mengatakan bantuan pangan daerah sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat untuk menambah bantuan pangan pusat yang jumlahnya Rp 110 ribu, karena bantuan sebesar ini masyarakat hanya bisa dapat beras sekitar 8 kg, telor 1,5 kg sehingga untuk mencukupi satu bulan tentu tidak cukup.

Oleh karenanya pemerintah daerah turun tangan melalui program Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk memberikan tambahan melalui program bantuan pangan daerah senilai juga Rp110 ribu, tapi dalam bentuk beras dan telor, mulai hari ini kita bagikan kepada masyarakat penerima manfaat.

Kemudian untuk mereka yang tidak terdaftar di data pusat yang lalu dari jumlah 9.372 itu, 3.409 menggunakan bantuan pangan daerah, jadi secara keseluruhan setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan dengan nilai Rp.220 ribu, atau 20 kg beras ditambah dengan 1 kg telor.

“Bantuan ini akan terus berlanjut untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka,” katanya.

Setelah di Kecamatan Wilayah tengah selanjutnya untuk masyarakat penerima di Kecamatan lainnya juga akan segera dibagikan secara simbolis oleh Bupati.

H Yuhani juga menjelaskan untuk pengadaan beras lokal yang dibagikan kepada KPM melalui kerjasama dengan Perumda setempat yang membeli langsung beras harga tertinggi dengan petani-petani lokal yang kemudian Dinas Sosial membelinya dengan Perumda.

Diharapkan dengan program bantuan pangan daerah petani kita juga terangkat dan lebih baik kesejahteraanya. (metro7/via)